January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Covid-19 Ditemukan dalam Sampel Semen Korban Covid-19: Studi

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan di Surabaya Jawa Timur oleh tim peneliti di Professor Nidom Basis (PNF) menemukan jejak SARS-CoV-2 pada sampel air mani penyintas Covid-19 di Indonesia. Laporan tersebut dipublikasikan di jurnal internasional medRx pada 11 Oktober.

Yayasan ini bermitra dengan Program Studi Spesialis Andrologi, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo.

Salah satu peneliti dari Professor Nidom Basis, Khaliim Jati Kusala menjelaskan penelitian tersebut melibatkan 34 relawan yang telah sembuh dari Covid-19 dari November 2020 hingga Maret 2021. Relawan laki-laki berusia antara 20 hingga 50 tahun, rata-rata 37,7.

“Para relawan sudah sembuh dari Covid-19 selama penelitian dan semuanya berdomisili di Indonesia,” kata Khaliim dalam video yang diunggah di kanal Youtube Professor Nidom Basis. Tempo memperoleh izin untuk mengutip konten dalam video.

Peneliti PNF lainnya, Astria Novitasari Nidom, penelitian menyimpulkan bahwa covid-19 ditemukan pada 2,94 persen sampel air mani relawan yang sembuh dari covid dan tidak menunjukkan gejala. 79,41 persen sisanya tidak menunjukkan jejak SARS-CoV-2 sementara penelitian pada 17,64 persen tidak meyakinkan.

Namun, Astria menunjukkan bahwa tingginya jumlah sampel air mani yang kembali tidak meyakinkan lebih tinggi dari penelitian sebelumnya, tetapi dia menekankan kecurigaannya pada faktor teknis atau varian Covid-19 yang berbeda yang terpapar pada sukarelawan.

“Virus masuk ke sel tubuh tergantung aktivitas reseptor ACE2. Kemudian virus masuk ke sistem reproduksi pria dan akhirnya Covid-19 bisa ditemukan di spermatozoa,” kata Astria.

Pakar mengatakan bahwa ini adalah penelitian pendahuluan, menambahkan bahwa penelitian lanjutan diperlukan untuk secara meyakinkan menjawab pertanyaan mengenai mekanisme penularan virus dan apakah Covid-19 dapat menular melalui aktivitas seksual seperti halnya HIV.

See also  Profesor Membela Persyaratan Tes PCR dalam Perjalanan Udara

Penelitian serupa pernah dilakukan di Shangqiu China dengan melibatkan 38 relawan dan hasilnya dipublikasikan di jurnal JAMA Community Open. Penelitian ini menemukan jejak Covid-19 pada sampel air mani dari 6 relawan yang telah sembuh dari virus corona.

Baca: Memantau Varian Baru Virus Corona

MOH KHORY ALFARIZI

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.