January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Fokus Pemerintah pada Pemerataan Akses Listrik Ramah Lingkungan

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPemerintah Indonesia fokus mendorong pemerataan akses ramah lingkungan listrik di seluruh negeri, kata seorang pejabat.

Listrik yang ramah lingkungan dan berkeadilan ditandai dengan peningkatan kapasitas pembangkit listrik berbasis energi bersih, kata kepala biro komunikasi, informasi publik, dan kerja sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu. pada hari Sabtu.

Menurut dia, rasio elektrifikasi mencapai 99,4 persen pada kuartal III 2021 dengan penambahan kapasitas pembangkit energi bersih 386 MW selama Januari-September tahun ini.

“Kami menargetkan seluruh wilayah dan rumah tangga di Indonesia sudah 100 persen berlistrik pada tahun depan,” kata Pribadi.

Berdasarkan information Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, hanya Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki rasio elektrifikasi di bawah 90 persen, ujarnya. Sementara rasio elektrifikasi di Bali sudah mencapai 100 persen, ujarnya.

Apalagi, percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan menjadi salah satu program prioritas pemerintah karena dikaitkan dengan peningkatan kualitas pelayanan, tambahnya.

Goal pemerintah dapat meningkatkan kapasitas pembangkit energi bersih hingga 20.923 MW pada 2030, jelas Pribadi.

Dua faktor pendorong pertumbuhan pembangkit energi bersih adalah photo voltaic dan hidro, ujarnya.

“Oleh karena itu, kami fokus mendorong pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Salah satunya pembangkit listrik tenaga surya rooftop,” papar Pribadi.

Dari tambahan 386 MW energi bersih tersebut, 130 MW berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ekspansi Puncak Kedua Kabupaten Poso, 71,26 MW dari 12 unit pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH), 55 MW dari dua unit pembangkit listrik tenaga panas bumi. (PLTP), 19,5 MW dari pembangkit listrik bioenergi, dan 17,88 MW dari PLTS rooftop, tambahnya.

See also  Menteri BUMN Sumbang Pohon, Luncurkan Kampanye Hijau

Dengan tren yang terus meningkat, pemerintah optimis dapat mencapai goal bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025, kata Pribadi.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menaikkan porsi negara listrik Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN pada tahun 2021–2030, yang bertujuan untuk menjadi 51,6 persen lebih hijau, tambahnya.

Membaca: Sri Mulyani: Program Listrik Free of charge Diperpanjang Hingga September

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.