January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Gunung Ili Lewotolok Meletus, Memuntahkan Awan Abu setinggi 2.000 Meter

1 min read

Directoresdecasting.information, Kupang Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) meletus kembali pada pukul 11:47 waktu setempat, Senin, 22 November, lapor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Terjadi erupsi Gunung Ili Lewotolok pada 22 November dengan memuntahkan kolom abu setinggi 2.000 meter di atas puncak,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Ili Lewotolok Stanis Ara Kian di Lembata, Senin.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa abu tebal berwarna putih dan abu-abu condong ke arah barat daya puncak gunung dengan ketinggian 3.423 meter di atas permukaan laut.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35,5 mm dan berlangsung kurang lebih dua menit 16 detik,” tambah Stanis. Letusan berlanjut dengan asap hitam tebal.

Saat ini aktivitas vulkanik gunung tersebut berada pada standing waspada stage III (Siaga atau waspada). Masyarakat, termasuk penduduk di sekitar gunung dan wisatawan, disarankan untuk menjauh dari gunung. Kegiatan mendaki juga dilarang.

Masyarakat di sekitar gunung sangat disarankan untuk menyiapkan masker penutup hidung dan mulut serta perlengkapan lainnya untuk melindungi mata dan kulit. Masyarakat yang bermukim di sepanjang alur sungai yang berasal dari gunung berapi diminta mewaspadai potensi banjir lahar.

“Semua masyarakat dan instansi terkait dapat memantau perkembangan standing Gunung Ili Lewotolok melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang tersedia di Google Play. Pemangku kepentingan di bidang penerbangan dapat mengakses informasi melalui VONA (Volcano Observatory Discover for Aviation),” tambahnya.

Baca: Wings Air Batalkan Dua Penerbangan Akibat Erupsi Gunung Ili Lewotolok

ANTARA

See also  Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Sulawesi Utara
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.