January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Tech-Savvy Foreman Tokopedia Raih Penghargaan Inovasi dan Kewirausahaan 2021

2 min read

TEMPO.CO, Jakarta – Herman Widjaja, Chief Know-how Officer (CTO) Tokopedia, baru-baru ini menerima ‘Australian Alumni Awards 2021’ untuk kategori Inovasi dan Kewirausahaan. Visinya yang berani untuk menciptakan perubahan melalui teknologi telah memberinya penghargaan. Visi ini pula yang mendorongnya untuk kembali ke tanah air setelah bekerja dan belajar di luar negeri setelah berpuluh-puluh tahun.

Pada tahun 1990-an, saat Herman beranjak dewasa, masyarakat Indonesia cukup asing dengan adopsi komputer dan web dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ketika ayahnya mengangkat ide untuk kuliah di luar negeri, Herman memilih untuk mengambil jurusan ilmu komputer dan teknik elektro.

Setelah lulus dari Monash College dan harus bekerja selama enam tahun di Australia, Herman pindah ke AS. Dia bekerja di raksasa teknologi paling bergengsi di dunia, Microsoft, selama lebih dari 10 tahun sebelum pindah ke Amazon.

Kemudian, Herman pindah ke Google, raksasa teknologi lain, di mana ia ditugaskan untuk mengembangkan augmented actuality/digital actuality (AR/VR) Google. Bekerja dengan beberapa perusahaan teknologi terkemuka dunia memungkinkan Herman membangun dan menjelajahi berbagai platform. Hingga saat ini, Herman telah memiliki 14 paten internasional di bidang teknologi.

Selama bekerja di luar negeri, Herman bertemu dengan banyak insinyur berbakat Indonesia. Pengalaman ini membuka mata Herman terhadap kumpulan talenta hebat Indonesia di bidang teknologi informasi dan potensi untuk mengembangkan pasarnya.

“Ketika saya kembali ke Indonesia, pasar di sini cukup menjanjikan. Namun pertumbuhan pasar harus diimbangi dengan pertumbuhan talenta,” kata Herman. Hal inilah yang menjadi titik awal bagi Herman untuk menginisiasi Tokopedia Academy unggulan.

Tokopedia Academy telah menjadi tempat belajar untuk berbagi pengetahuan tentang teknologi, workshop, kemitraan dengan komunitas IT dan kolaborasi strategis dengan universitas.

See also  19 Orang Tewas Setelah Bentrokan di Sorong Papua Barat

Tokopedia juga bermitra dengan universitas untuk program talenta digitalnya, termasuk Universitas Indonesia untuk Tokopedia UI AI Middle of Excellence dan almamater Herman, Monash College.

Sebagai CTO, Herman terdorong untuk menempatkan teknologi sebagai inti dari inovasi dan pertumbuhan keuangan Tokopedia. Pada tahun 2019 dan 2020, CIO50 memasukkan Herman sebagai salah satu dari 50 eksekutif teknologi senior Asia Tenggara yang mendorong inovasi dan mendorong perubahan yang cepat di kawasan ini. Tokopedia kini memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan dan lebih dari 11 juta service provider yang menjual lebih dari 550 juta produk.

“Keindahan industri teknologi adalah selalu berkembang. Orang-orang di tahun 1990-an terpesona oleh internet dan teknologi seluler yang dimulai pada tahun 2000-an. Sekarang teknologi beralih ke Synthetic Intelligence (AI) dan machine studying,” kata Herman.

INFO TEMPO

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.