January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Habitat Lutung Jawa di Muara Gembong Terancam Karena Hutan Mangrove Menyusut

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaHabitat alami lutung jawa atau yang dikenal dengan sebutan Lutung Jawa di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terancam karena semakin menyusutnya luas hutan mangrove.

“Pohon bakau tidak cukup untuk hidup mereka karena maraknya pembukaan lahan untuk tambak,” kata pejabat dinas pariwisata desa Ahmad Qurtubi di Bekasi, Rabu, 8 Desember, seperti dikutip dari Antara.

Dijelaskan Qurtubi, hutan mangrove yang menjadi habitat 100 ekor kera, spesies Trachypithecus auratus, sekarang hanya tersisa 14 hektar.

“Sekarang sekitar 5-7 hektar di utara dan selatan. Hanya tersisa 14 hektar. Dulu, sekitar tahun 1980-an habitat Lutung Jawa di Desa Muara Gembong lebih dari 40 hektar,” ujarnya.

Qurtubi mengatakan bahwa sekelompok kecil spesies yang rentan itu terdiri dari tujuh hingga 10 kera. Sebuah kelompok kecil idealnya membutuhkan 12 hektar lahan untuk bertahan hidup. “Itu berdasarkan hasil studi banding kami ke pengamat primata di Ciwidey, Bandung,” tambahnya.

Selain hilangnya habitat, Qurtubi yang juga sekretaris desa mengatakan, perburuan besar-besaran juga mengancam habitat satwa tersebut meski terdaftar sebagai satwa yang dilindungi oleh pemerintah.

“Saat ini ada 55 kera di utara dan 40 di selatan. Populasinya bertambah lima hingga enam ekor kera setiap tahun di dua lokasi tersebut sejak 2013. Sebelumnya, hanya sekitar 20 hingga 30 ekor kera. Berburu memang selalu menjadi momok, tapi kita sebagai penggiat lingkungan bersama warga akan melestarikannya,” tegasnya.

Lebih lanjut Qurtubi menegaskan beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendukung keberadaan Lutung Jawa menjadi objek wisata favorit, seperti membangun kawasan konservasi dan habitatnya serta meningkatkan infrastruktur di Muara Gembong sebagai kawasan wisata edukasi.

See also  Tokopedia dan Pemerintah Jawa Tengah Berkolaborasi Memberdayakan UMKM Lokal

Baca: Jokowi Targetkan Rehabilitasi 600 Ribu Hektar Hutan Mangrove

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.