January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Tokopedia dan Pemerintah Jawa Tengah Berkolaborasi Memberdayakan UMKM Lokal

3 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Tokopedia, bagian dari GoTo Group, yang terdiri dari tiga lengan bisnis, yaitu Gojek, Tokopedia, dan GoTo Monetary (GoPay), bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan gerakan #BangkitBersama.

Pendiri dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menjelaskan inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal termasuk di Jawa Tengah dengan bantuan digitalisasi.

“Di Tokopedia, kami berupaya mengembangkan UMKM lokal melalui berbagai inisiatif termasuk pelatihan, pengembangan, dan pembekalan UMKM untuk strategi promosi dan perluasan pasar yang memadai, serta memberikan solusi melalui teknologi untuk meningkatkan skala bisnis mereka,” ungkapnya.

Inisiatif #BangkitBersama mengambil pendekatan hyperlocal, yang berupaya mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat di wilayah tersebut. Di atas semua itu, Tokopedia melihat peningkatan signifikan dalam pertumbuhan UMKM Jawa Tengah.

Di Tokopedia, transaksi UMKM di Jawa Tengah rata-rata tumbuh hampir 1,5 kali lipat pada kuartal III 2021 jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah service provider Tokopedia dari Jawa Tengah juga melonjak hampir 1,5 kali lipat.

“Dengan inisiatif #BangkitBersama yang mengambil pendekatan hyperlocal, kami berharap dapat memperkuat kontribusi GoTo Group dalam pemulihan ekonomi,” jelas CEO dan CEO GoTo Monetary, Andre Soelistyo.

Tokopedia dan Pemerintah Jawa Tengah Berkolaborasi Memberdayakan UMKM Lokal

Potensi UMKM Jawa Tengah di GoTo

Gerakan #BangkitBersama menyampaikan berbagai program untuk meningkatkan kapasitas UMKM Jawa Tengah, mulai dari produksi, pemasaran, branding, hingga pengembangan bisnis. Misalnya, ada Sekolah Kilat Penjual (SKS), kelas inkubasi UMKM bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS), dan pelatihan UMKM, bekerja sama dengan dinas pemerintah Jawa Tengah di tingkat kota, kabupaten atau provinsi.

Tokopedia juga telah menyiapkan laman khusus UMKM pilihan Semarang dan Solo yang diberi nama Kumpulan Toko Pilihan (KTP), di mana masyarakat setempat dapat berbelanja dengan penawaran khusus yang disediakan dalam platform tersebut.

See also  Indonesia, Singapura Tandatangani Perjanjian Ekstradisi

Inisiatif ini juga menunjukkan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada UMKM lokal. “#BangkitBersama ini sejalan dengan upaya kami untuk mendorong UMKM lokal menjadi juara dengan bantuan ekosistem digital, sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi daerah,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Beberapa UMKM Jateng mengaku ekosistem digital GoTo Group memberikan banyak manfaat bagi mereka. Salah satunya adalah Patrobas, model sneaker yang cukup terkenal di kalangan sneakerhead muda. Pemiliknya, Sebastian Surya Sutantio, merasakan manfaat yang dibawa ekosistem GoTo salah satunya Tokopedia.

“Kami mampu memberdayakan pengrajin sepatu lokal dari berbagai daerah. Bahkan selama pandemi, kami mampu mempekerjakan pekerja kami dan omset kami mencapai puluhan juta, ”kata Sebastian.

Tokopedia dan Pemerintah Jawa Tengah Berkolaborasi Memberdayakan UMKM Lokal

Seperti Sebastian, pemilik Aneka Jaya Grocery store, Rudi mengatakan, “Di masa pandemi, platform Tokopedia dan GoSend menjadi penyelamat kami. Di sisi lain, sistem pembayaran elektronik GoPay juga membantu menjaga dan memfasilitasi transaksi offline kami.”

Selain UMKM tersebut di atas, UMKM Jawa Tengah lainnya seperti Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Subekti, Panna Espresso, Heritage Brass, Macrame Issues, Folkafe, dan Nasi Kulit Sultan juga telah merasakan manfaat dan keuntungan serupa dengan bergabung dalam ekosistem digital GoTo Group, yang meliputi Tokopedia, Gojek, dan GoPay.

Kolaborasi GoTo dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan solusi yang komprehensif dan holistik, tidak hanya bagi UMKM lokal, tetapi juga konsumen, dan mitra pengemudi.
*)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.