January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Ini Alasan Kenapa Nasi Sisa Tidak Bisa Dipanaskan Ulang

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Sisa Nasi biasanya dipanaskan kembali, tetapi sebenarnya bisa berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan keracunan makanan.

Dikutip dari Dinas Kesehatan Nasional (NHS), keracunan tidak serta merta disebabkan oleh pemanasan ulang, tetapi bagaimana beras disimpan sebelum itu. Beras mentah bisa mengandung spora yang disebut Bacillus cereus dan bisa bertahan saat nasi dimasak.

Namun, jika dibiarkan pada suhu kamar, spora tersebut dapat tumbuh menjadi bakteri dan berkembang biak untuk menghasilkan racun penyebab diare. Semakin lama nasi dibiarkan, semakin tinggi peluang bakteri untuk berkembang biak sehingga menghasilkan nasi yang berisiko.

Seperti dikutip dari Berita Medis Hari IniGejala umum keracunan makanan adalah diare, muntah-muntah, sakit perut dan menggigil yang dirasakan ringan.

Umumnya, orang dapat pulih dengan cepat tanpa komplikasi, namun hubungi dokter jika setelah 48 jam gejalanya memburuk atau muncul yang baru.

Sebuah penelitian dari tahun 2015 berjudul, “Plant Compounds Improve the Assay Sensitivity for Detection of Energetic Bacillus cereus Toxin,” menyebutkan bahwa keracunan akibat Bacillus cereus di AS mencapai 84 ribu per tahun.

Oleh karena itu mengapa Nasi idealnya dimakan setelah matang dan jika tidak memungkinkan, simpan tidak lebih dari sehari di lemari es sebelum dipanaskan kembali keesokan harinya.

Membaca: 4 Suggestions Ahli Mencegah Obesitas

AMELIA RAHMA SARI | GRAVEN FIKRI (MAG)

See also  Kapolri Berharap Novel Baswedan Bisa Tingkatkan Indeks Korupsi
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.