January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Jokowi Prediksi Proyek DME Bisa Hemat APBN hingga Rp7 Triliun

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPresiden Joko”JokowiWidodo memperkirakan proyek hilirisasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) bisa menghemat APBN hingga Rp7 triliun. Proyek itu digarap PT Bukit Asam (PTBA) bersama perusahaan gasoline dan minyak negara Pertamina. dan Air Merchandise & Chemical substances Inc. (APCI).

“Jika ini [project] oleh Bukit Asam bekerjasama dengan Pertamina dan Air Merchandise sudah selesai dan bisa mulai produksi, bisa mengurangi subsidi dari APBN sekitar Rp7 triliun,” kata Presiden saat peletakan batu pertama proyek yang disiarkan secara digital, Senin, 24 Januari.

Dia menjelaskan, saat ini impor Indonesia dalam bentuk Liquefied Petroleum Fuel (LPG) sangat besar yaitu sekitar Rp80 triliun dari kebutuhan nasional sebesar Rp100 triliun. Dari nilai itu, pemerintah juga harus memberikan subsidi kepada masyarakat dari APBN antara Rp60-70 triliun.

“Apakah kita ingin terus seperti ini, terus mengimpor? Yang mendapat untung dan membuka lapangan pekerjaan adalah negara lain, padahal bahan bakunya milik kita sendiri. Kami punya bahan bakunya, yaitu batu bara yang bisa diubah menjadi DME,” tegas kepala negara.

Ia juga mengatakan jika impor LPG semua dihentikan dan diganti dengan DME, bisa menghemat dana negara mencapai Rp60-70 triliun.

Jokowi berharap setelah proyek ini selesai, proyek serupa akan dimulai di daerah lain. Produksi dalam proyek ini nantinya hanya dapat memasok DME untuk wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya.

Membaca: Jokowi Yakin Indonesia Akan Pimpin Perdagangan Karbon World

MUHAMMAD HENDARTYO

See also  Migrant Care Logs 40 Pekerja Diduga Dikurung Mantan Bupati Langkat
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.