January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Pemerintah Selesaikan Perpres Tentang Kewenangan Kelembagaan di Ibu Kota Baru

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Pemerintah akan segera merampungkan Peraturan Presiden yang disebut Perpres tentang Kewenangan Kelembagaan di Ibu Kota Baru (IKN) dalam waktu dua bulan setelah RUU IKN yang baru disetujui.

“Draf (Perpres) sudah dibuat, tetapi sedang disempurnakan,” kata Kantor Staf Presiden, Wandy Tuturoong kepada Tempo, Rabu, 19 Januari.

Wandy kemudian mengatakan, pemerintah memiliki waktu dua bulan untuk membentuk kewenangan melalui peraturan tersebut dan Presiden harus menunjuk pimpinan otoritas IKN Nusantara melalui Keputusan Presiden (Keppres).

Menurutnya, seiring dengan RUU IKN, RUU tersebut sudah disiapkan lebih dari setahun yang lalu dan hampir semua lembaga dan kementerian ikut menyusunnya dengan Bappenas sebagai main sector.

Dalam penyusunannya, Wandy mengaku banyak mengalami perubahan substansi, yakni nama lembaga, struktur, kewenangan, tugas dan fungsi.

Khusus mengenai lembaga, namanya sesuai dengan yang tercantum dalam RUU Otorita IKN. Selanjutnya struktur tersebut akan dibagi menjadi lima departemen dan pemimpinnya dipilih oleh Kepala IKN Otorita. Adapun tugas dan wewenang lembaga adalah mengembangkan dan menjalankan ibu kota baru.

Membaca: Pemerintah Berencana Bangun Tol Bawah Laut Penghubung Ibu Kota Baru

FRISKI RIANA | GRAVEN FIKRI (MAG)

See also  Ahok Calon Pimpin Ibu Kota Baru, Kata Staf Ahli Kepresidenan
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.