January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Goal Produksi Vaksin Merah Putih Tertunda, Kata Peneliti BRIN

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMantan Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, mengatakan produksi Merah Putih Vaksin covid-19 tertunda satu tahun dari rencana. “Kami mengalami kemunduran. Goal kita awal 2023, setahun dari sekarang,” kata Amin Tempo pada hari Selasa, 25 Januari.

Eijkman, yang baru-baru ini bergabung dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), adalah salah satu lembaga terkemuka dan paling cepat berkembang dalam pengembangan vaksin buatan sendiri untuk melawan infeksi virus corona. Badan tersebut awalnya mengejar untuk mendapatkan otorisasi penggunaan darurat (EUA) pada September 2022.

Amin yang kini menjadi bagian dari tim peneliti Pusat Penelitian Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman BRIN menjelaskan, keterlambatan tersebut disebabkan pembiayaan dan perubahan sumber daya manusia.

“Beberapa dari mereka (peneliti) memiliki tugas di luar negeri dan ada perubahan sistem yang membuat kami berusaha keras untuk menyesuaikan,” kata Amin.

Guru Besar Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu menambahkan, fasilitas juga mempengaruhi kecepatan kerja. “Berdasarkan pernyataannya, BRIN akan memberikan dukungan penuh tetapi kami masih harus mengklarifikasi mekanismenya,” tambah Amin.

Tujuh tim bergabung dengan Vaksin Merah Putih pengembangannya adalah PRBM BRIN, Institut Teknologi Bandung (ITB), dua tim dari Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, LIPI, dan satu tim dari Universitas Airlangga.

Membaca: Pengembangan Vaksin COVID-19 Pribumi adalah Tantangan Besar: BRIN

MOH KHORY ALFARIZI

See also  Indonesia Terima Batch ke-201 Vaksin Pfizer Dengan Skema COVAX
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.