January 27, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

KontraS Kecam Praktik Perbudakan Trendy Oleh Mantan Bupati

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Selasa mengecam keras praktik perbudakan trendy yang dilakukan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin inaktif.

“Praktek semacam itu bisa dikatakan sebagai perbudakan trendy yang merupakan kejahatan lintas batas yang sangat disayangkan,” kata koordinator KontraS Fatia Maulidiyant dalam keterangan tertulis, 25 Januari.

Selain tuduhan kuat memobilisasi perbudakan, mantan bupati itu juga dituduh melakukan pelanggaran HAM lainnya; dari merampas kebebasan seseorang hingga penyiksaan fisik dan mengisolasi seseorang dari informasi luar.

“Kami meyakini tindak pidana ini tidak dilakukan semata-mata oleh Bupati Langkat tetapi melibatkan orang lain, baik dengan sengaja maupun membiarkan terjadinya tindak pidana tersebut,” kata Fatia.

Laporan sebelumnya menunjukkan rumah milik mantan bupati itu memiliki beberapa fasilitas seperti penjara dan kandang yang digunakan untuk memenjarakan para pekerjanya. Kekerasan fisik yang terus menerus dialami oleh para pekerja ini juga dilaporkan.

KontraS menilai kasus perbudakan trendy ini mengungkap kegagalan perlindungan negara terhadap pekerja di Kabupaten Langkat. Ia juga mengecam sikap Badan Narkotika Nasional (BNN) yang tampaknya sependapat dengan penuturan Bupati Langkat bahwa kandang dimaksudkan untuk merehabilitasi pengguna narkoba.

Baca: Migrant Care Logs 40 Pekerja Diduga Dikurung Mantan Bupati Langkat

M ROSSENO AJI

See also  Mantan Bupati Langkat Diduga Korupsi, Perbudakan
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.