January 28, 2022

DOMAIN FOR SALE

My WordPress Blog

Proyek Ibu Kota Baru; Pemerintah Janji Tidak Ada Penggusuran Terhadap Penduduk Lokal

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – TPemerintah Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Selasa mengatakan, pihaknya berjanji pembangunan ibu kota baru atau IKN tidak akan menggusur masyarakat lokal meski memperluas kawasan ibu kota inti dari 5.600 hektar menjadi 6.700 hektar.

“[Evictions] tidak akan terjadi. Kami akan memberikan program pengembangan sumber daya manusia dan program serupa lainnya,” kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di kantornya di Jakarta Pusat, 25 Januari.

Suharso memastikan bahwa pembangunan IKN akan menghormati hak masyarakat atas ruangnya dan telah mensosialisasikan rencana pemerintah untuk mencegah konflik penggunaan lahan.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) sebelumnya melaporkan temuan lahan seluas 256.100 hektar di dalam rencana ibu kota baru yang bukan lahan kosong. Perwakilan Walhi Kaltim Yohana Tiko mengatakan masyarakat asli daerah tersebut telah tinggal di ruang-ruang tersebut sejak tahun 1963.

Tiko khawatir pemindahan ibu kota, serta transmigrasi penduduk ke lokasi IKN berpotensi membuat pemukim asli terusir dari tanah mereka.

“Ini berpotensi menimbulkan konflik sosial dengan warga sekitar yang memiliki sejarah tenurial yang erat dengan tempat tersebut,” tulis Direktur Walhi Kaltim itu.

Walhi khawatir, perpindahan besar-besaran yang tiba-tiba itu berpotensi berdampak pada lebih dari 185.000 orang yang tinggal di empat kecamatan yang akan diubah menjadi kawasan khusus ibu kota baru.

Baca: Ibu Kota Baru Duduki Daerah Tingkat Provinsi Baru di Kaltim

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  KPK Selidiki Dugaan Pemotongan Dana ASN oleh Wali Kota Bekasi
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.