August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Calon Presiden Diharapkan Lanjutkan Pengembangan IKN: Kepala Bappenas

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berharap presiden dan wakil presiden terpilih 2024 berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan ibu kota baru (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ia mengatakan relokasi IKN dan perkembangannya sudah diamanatkan undang-undang.

“Semoga saja iya [they will continue the development of IKN]. Tapi tentunya tergantung peta politik hari ini,” ujarnya di kantornya, Rabu, 25 Januari 2022.

Dia menambahkan, kelanjutan pengembangan IKN sangat penting mengingat investasi besar-besaran yang terlibat. Menurut Bappenas, pengembangan IKN membutuhkan investasi sekitar Rp110 triliun hingga 2024 untuk infrastruktur dasarnya.

Modalnya berasal dari kas negara, pemanfaatan kekayaan negara, kerjasama pemerintah dengan badan usaha, dan investasi swasta. Presiden [elected in 2024] harus memberikan visi ke masa depan. Ini adalah harapan, harapan,” katanya.

Suharso menambahkan, perumusan UU IKN yang disahkan DPR pada 18 Januari lalu telah melalui proses konstitusional untuk meminimalisir kemungkinan gugatan hukum. Ia mengklaim pemerintah telah melibatkan masyarakat dan sederet pakar dalam pembahasan IKN sebelumnya.

“Pembuatan undang-undang ini sudah melibatkan tokoh-tokoh Kaltim sejak 2019,” katanya.

Baca: Ibu Kota Baru Akan Didominasi Ruang Hijau

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

See also  Mabes Polri: Ferdy Sambo Sudah Tak Lagi Jabat Kepala Satgassus
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.