August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Erick Thohir Pastikan Akses Masyarakat Terhadap Obat Terjangkau

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir memastikan akses obat yang terjangkau bagi masyarakat sebagai bentuk kemandirian kesehatan nasional.

“Kemandirian kesehatan harus diwujudkan. Kami tidak anti produk luar negeri, obat-obatan mahal, tapi kami juga harus menjamin akses obat yang terjangkau masyarakat,” kata Erick dalam acara peringatan HUT RS Husada ke-97 yang disiarkan on-line di Jakarta, Kamis, 27 Januari.

Orang-orang yang mampu membeli obat-obatan mahal diperbolehkan untuk membelinya. “Tapi ini tidak bisa disamaratakan dengan mereka yang tidak mampu membelinya,” tambahnya.

Ia menggarisbawahi bahwa akses obat murah merupakan bagian dari pelayanan kepada masyarakat. Ia juga menegaskan, period disrupsi kesehatan saat ini harus dijadikan momen introspeksi untuk mencapai kemandirian kesehatan.

“Gangguan kesehatan harus menjadi momen introspeksi kemerdekaan. Kok 95 persen bahan baku obatnya diimpor, kok kita hanya bisa menyediakan obat-obatan mahal ke masyarakat,” kata Menkeu.

Erick Thohir sebelumnya menyatakan, untuk menekan impor bahan baku farmasi, PT Indofarma Apotek BUMN akan fokus mengembangkan industri jamu. Ia menilai Indonesia kaya akan alam dan budaya yang mendukung pengembangan pengobatan alami.

Baca: Erick Thohir, Invoice Gates Bahas Kerjasama di Apotek

ANTARA

See also  Indonesia Kehilangan Rp3,35tn Tahunan dari Impor Baja Ilegal: Krakatau Metal
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.