August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Komnas HAM Minta Aturan Lindungi Aktivis HAM

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKomisioner Kajian dan Penelitian Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Sandrayati Moniaga, menyoroti belum adanya aturan hukum terkait pengakuan, penghormatan, dan perlindungan pembela HAM.

“Ada celah hukum yang dalam hal ini kekosongan hukum bagi pembela HAM,” kata Sandrayati dalam diskusi komitmen politik negara dan urgensi kebijakan perlindungan pembela HAM, Kamis, 27 Januari.

Ia menambahkan, komisi tersebut masih berdiskusi dengan Kementerian Hukum dan HAM tentang aturan tersebut sehingga memberikan posisi yang kuat bagi para pembela HAM di mata hukum.

“Namun situasi di Indonesia menunjukkan bahwa para pembela HAM berada pada posisi yang rentan untuk diancam atau diserang saat membela HAM, sehingga perlu mendapatkan perlindungan khusus,” Sandrayati menggarisbawahi.

Untuk itu, ia menilai salah satu tantangan ke depan adalah perlunya sinergi antara pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk melakukan kajian mendalam dan mengembangkan desain yang komprehensif terkait sistem perlindungan bagi pembela HAM.

“Yang terakhir adalah memastikan adanya langkah darurat dari pihak-pihak terkait untuk melindungi para pembela HAM, termasuk para aktivis, jurnalis, advokat, pegawai, dan anggota lembaga HAM independen,” pungkas Sandrayati.

Baca: Mahfud MD: Pemerintah Janji Dukung, Lindungi Pembela HAM

ANTARA

See also  KPK Selidiki Dugaan Pemotongan Dana ASN oleh Wali Kota Bekasi
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.