August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Omicron Sumbang 4,25% dari Beban Kasus COVID-19 di Indonesia

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaJuru bicara Gugus Tugas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan varian Omicron menyumbang 4,25 persen dari complete beban kasus nasional. Sejak pertama kali terdeteksi pada 16 Desember 2021, jumlah kasus terus meningkat menjadi 1.766 hingga 26 Januari 2022.

Wiku menguraikan, pada periode yang sama, jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Tanah Air mencapai 41.549. Artinya, varian Omicron yang terdeteksi selama ini menyumbang 4,25 persen dari complete kasus positif di Indonesia, ujarnya saat konferensi pers, Kamis, 27 Januari.

Kasus varian yang menjadi perhatian, lanjutnya, ditemukan melalui uji sekuensing seluruh genom dari sampel kasus positif yang ada. Dengan demikian, jumlah tersebut mungkin tidak mewakili jumlah kasus yang sebenarnya.

Wiku mengatakan pemerintah bertekad untuk memperluas cakupan sekuensing seluruh genom untuk mendeteksi varian lebih luas di masyarakat. Sebagian besar varian kasus yang tersebar di Indonesia berasal dari wisatawan mancanegara yaitu sebesar 1.019 atau 63 persen dari complete kasus.

Hingga saat ini, Indonesia juga mencatat dua kematian akibat varian Omicron. Namun, Wiku mengatakan sebagian besar pasien Omicron tidak menunjukkan gejala dan menunjukkan gejala ringan. “Hanya 1 persen yang menunjukkan gejala parah,” tambahnya.

Baca: Lonjakan Kasus Covid-19; Satgas Minta Daerah Pantau Protokol Kesehatan

MAYA AYU PUSPITASARI

See also  Bahas RKUHP, Dewan Pers Segera Bertemu Wakil Menteri Hukum dan HAM
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.