August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Berencana Lelang 2 Kapal TNI Angkatan Laut Rusak Berat

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPemerintah berencana melelang kapal tua Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) yang mengalami kerusakan dan dinilai tidak efisien untuk diperbaiki. Hal itu diumumkan pada Kamis dalam keterangan tertulis Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Langkah ini dicatat oleh Menteri Keuangan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Hal itu disampaikannya di depan anggota DPR Komisi 1, Kamis.

Mereka hanya perlu melihat DPR menyetujui rencana lelang tersebut dan kemudian melaporkan hasilnya kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Rencana penjualan barang-barang milik negara ini didasarkan pada kondisi yang ada, yaitu kapal yang rusak berat. Itu juga tidak efisien untuk diperbaiki. Tidak akan mengganggu fungsi TNI AL jika barang-barang tersebut dikeluarkan,” kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, 27 Januari.

Kapal TNI AL yang akan dilelang adalah KRI Teluk Mandar-514 dan KRI Teluk Penyu-513. Kapal bekas dibeli pertama kali pada 1969 senilai Rp121,89 miliar, sedangkan KRI Teluk Penyu dibeli pada 1979 senilai Rp121,34 miliar.

Dua kapal TNI AL pernah ditawarkan Kementerian Pertahanan pada 19 Mei 2021 untuk dijadikan terumbu karang. Namun, langkah ini tidak terwujud dan ditunda hingga sekarang.

Baca: Menhan Resmikan Kapal Rudal Cepat Angkatan Laut Baru

M FAIZ. ZAKI

See also  Bahlil: Produsen Baterai EV LG, Foxconn Akan Berinvestasi di Kawasan Industri Batang
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.