August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Sri Mulyani Luncurkan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Negara SAKTI

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meluncurkan aplikasi baru pengelolaan keuangan negara yang diberi nama SAKTI. Aplikasi tersebut secara resmi mengintegrasikan berbagai sistem aplikasi yang digunakan dalam pengelolaan keuangan negara selama ini.

“Inisiatif untuk perubahan selalu dimulai dengan uji coba dan kemudian berkembang ke seluruh Indonesia,” kata Sri saat acara launching aplikasi sebagai bagian dari acara peringatan Ditjen Perbendaharaan ke-18 oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). pernyataan tertulis.

Sri mensyukuri berbagai perubahan sistem yang dilakukan hingga saat ini tidak menimbulkan gejolak. “Ini suatu pencapaian karena tidak mudah mengubah suatu sistem menjadi lebih baik tanpa gejolak dan gangguan, terutama dalam hal pelayanan,” tambahnya.

SAKTI merupakan tindak lanjut dari penerapan Built-in Monetary Administration Integration System (IFMIS). Aplikasi tersebut melengkapi modernisasi pengelolaan keuangan di sisi Bendahara Umum Negara (BUN) melalui Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang secara resmi diluncurkan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada 29 April 2015.

Kementerian Keuangan melaporkan bahwa SAKTI dikembangkan secara bertahap. Implementasi full module-nya telah digulirkan pada akhir tahun 2021 untuk transaksi APBN 2022.

Melalui SAKTI, berbagai fungsi pengelolaan keuangan negara dilakukan dalam satu sistem, mulai dari penyusunan hingga pertanggungjawaban di tingkat satuan kerja hingga tingkat lembaga atau kementerian.

Baca: Sri Mulyani: Proyek Ibu Kota Baru Tak Akan Menghambat Program Pemulihan Ekonomi

FAJAR PEBRIANTO

See also  H-2 WhatsApp, Google hingga Netflix Belum Daftar PSE ke Kominfo, Terancam Diblokir?
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.