August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Dua Kuskus Beruang Dilepaskan ke Taman Nasional Sulawesi: Resmi

2 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Dua Sulawesi kuskus beruang (Ailurops ursinus) dilepasliarkan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang terletak di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Induk kuskus beruang Sulawesi beserta anaknya dilepasliarkan ke jalur pengamatan satwa Tulabolo-Hungayono oleh beberapa petugas, kata Kepala Bidang Tulabolo Pinogu Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Sudarsono di Gorontalo, Kamis.

Menurut Sudarsono, dua kuskus beruang Sulawesi itu ditangkap oleh beberapa penambang yang ingin mempertahankannya.

Seorang anggota komunitas mitra polisi hutan, Ardin Mokodompit, menemukan dua penambang membawa dua beruang Sulawesi yang mereka tangkap di kawasan hutan, katanya.

“Setelah kami sampaikan bahwa satwa dilindungi, mereka serahkan,” kata Sudarsono.

Dikatakannya, upaya persuasif menjadi kunci untuk mengatasi persoalan warga yang menangkap satwa liar yang dilindungi di kawasan hutan.

Selain itu, kuskus beruang adalah hewan yang terancam punah. Hewan berkantung pendiam ini diberi nama kuskus beruang, karena bulunya berwarna hitam keabu-abuan.

Kuskus beruang yang menghuni pulau Sulawesi dan Talaud aktif pada siang hari dan biasanya menghabiskan banyak waktunya di kanopi pohon untuk tidur, istirahat, atau memetik kutu.

Mereka bergerak sangat lambat dari satu pohon ke pohon lain menggunakan ekor, tangan, dan kaki mereka.

Kuskus beruang membentuk kelompok kecil yang terdiri dari ibu dan bayinya kecuali selama musim kawin. Kuskus betina dan jantan hidup menyendiri selama musim kawin. Wanita dewasa kuskus beruang bisa melahirkan sekali sampai dua kali setahun.

Orang sering salah mengira kuskus beruang sebagai predator ternak di pemukiman dekat hutan. Namun, itu adalah hewan herbivora, karena memakan buah-buahan dan daun muda.

Membaca: Kuskus Beruang Sulawesi Langka Ditemukan dan Dilepaskan Setelah Rehabilitasi

See also  Hyundai Ioniq 6 Resmi Diluncurkan, Tawarkan Jangkauan Hingga 610 Km

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.