August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Indonesia Pangkas Hari Karantina dalam Persyaratan Perjalanan Terbaru

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPemerintah Indonesia telah memperbaharui kebijakan terkait wisatawan mancanegara baik yang berkewarganegaraan asing maupun warga negara Indonesia. Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengatakan salah satunya adalah pengurangan perjalanan covid karantina hari.

Dirjen Novie Riyanto, Minggu, mengatakan kebijakan penyesuaian perjalanan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2022 sebagai tindak lanjut dari surat edaran lain yang dikeluarkan oleh gugus tugas Covid-19.

Berikut ini adalah perubahan yang diberlakukan:

– Masa karantina bagi wisatawan luar negeri yang telah menerima vaksin dosis pertama ditetapkan 7 hari sedangkan yang telah menerima dua dosis atau vaksinasi lengkap dipotong menjadi 3 hari.

– Pelancong internasional harus menunjukkan bukti pemesanan akomodasi kepada petugas imigrasi selama mereka tinggal di Indonesia.

– Warga negara asing wajib melampirkan visa kunjungan singkat atau izin kunjungan lainnya berdasarkan hukum Indonesia. Mereka juga harus menunjukkan bukti memiliki asuransi kesehatan minimal USD25 ribu.

– Pelancong internasional wajib menjalani tes PCR dan melaporkan hasilnya kepada petugas imigrasi di daerah tempat mereka tiba. Yang menjalani karantina 7 hari harus tes pada hari keenam sedangkan 3 hari karantina harus mengikuti tes pada hari ketiga.

– Mereka yang datang dari luar negeri diizinkan masuk ke Indonesia dari bandara berikut; Soekarno Hatta Banten, Juanda Sidoarjo, I Gusti Ngurah Rai Bali, Cling Nadim Batam, Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, Sam Ratulangi Manado dan Zainuddin Abdul Madjid, Nusa Tenggara Barat (bubble system).

Novie mengatakan aturan baru itu memberikan pengecualian bagi WNI yang datang dari luar negeri dalam situasi darurat terkait kesehatan, kesehatan kerabatnya sendiri, atau menghadiri pemakaman keluarga.

Membaca: COVID-19: Sebanyak 632 TKI Menjalani Karantina di Batam

See also  Widi Mulia Hamil Anak Keempat Kaget, Deg-degan dan Bersyukur

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.