August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Indonesia Melihat Penurunan Kasus COVID-19 Namun Kematian Meningkat

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaIndonesia mencatat tren penurunan kasus COVID-19 hingga 50 persen dalam sepekan terakhir, kata juru bicara Gugus Tugas COVID-19, Wiku Adisasmito. Menurut dia, penurunan jumlah kasus sudah mulai terlihat sejak puncak kasus pada 20 Februari lalu.

“Pada minggu-minggu sebelumnya, jumlah kasus tercatat 400.000 kasus dalam seminggu. Sekarang telah berkurang setengahnya menjadi 200.000. Kami masih berusaha menekan hingga seribu kasus per minggu,” kata Wiku dalam konferensi pers on-line, Selasa, 8 Maret 2020.

Ia menambahkan, angka pemulihan juga sudah mulai meningkat menjadi hampir 90 persen dari 86 persen. “Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit secara nasional [COVID-19] rumah sakit rujukan sudah mulai menurun selama sepuluh hari terakhir dari 38,79 persen menjadi 28,2 persen.”

Meski kondisinya mulai membaik, Wiku mengatakan jumlah korban tewas masih bertambah. Gugus tugas mencatat bahwa pada 21-27 Februari ada 1.708 kematian dan pada minggu berikutnya meningkat menjadi 2.099.

Oleh karena itu, Wiku mendorong kelompok rentan termasuk orang tua atau orang dengan penyakit penyerta untuk menerima kursus vaksinasi lengkap.

Selain itu, munculnya varian virus baru dapat menurunkan efektivitas vaksin yang juga menyebabkan penurunan herd immunity yang sudah terbentuk. Di sisi lain, pengembangan vaksin COVID-19 membutuhkan waktu dan tidak bisa mengimbangi munculnya varian virus baru.

Baca: Pemerintah Perpanjang Umur Simpan 18 Juta Dosis Vaksin COVID-19

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Pakar Kritik Kurangnya Kontrol Pemerintah dalam Kelangkaan Minyak Goreng, Kenaikan Harga
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.