August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Nikel Melambung; Dewan Energi Desak Pemerintah Dorong Industri Baterai EV

1 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta – Dewan Energi Nasional (DEN) mendesak pemerintah memanfaatkan momentum dan memanfaatkan kenaikan harga nikel, dengan mempercepat produksi baterai EV. Sekjen DEN Djoko Siswanto mengatakan Indonesia memiliki posisi strategis dalam mengembangkan industri baterai kendaraan listrik berbahan dasar nikel, sehingga perlu dilakukan fast-tracking.

“Indonesia sedang membangun pabrik baterai yang salah satu bahan bakunya adalah nikel. Jadi ini momentum yang baik untuk mempercepat produksi baterai,” kata Djoko. Bisnis pada Rabu, 9 Maret 2022.

Di London Steel Alternate (LME) harga nikel melonjak menjadi USD 100.000 per metrik ton kering untuk pertama kalinya kemarin, menyusul sanksi Barat terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina sejak 24 Februari 2022.

LME bahkan menangguhkan perdagangan nikel pada hari Selasa setelah lonjakan harga yang belum pernah terjadi sebelumnya yang membuat para pialang berjuang untuk membayar margin name terhadap posisi brief yang tidak menguntungkan.

Indonesia saat ini merupakan produsen nikel terbesar di dunia dengan produksi 1 juta ton pada tahun 2021. Di urutan kedua adalah Filipina dengan 370.000 ton, diikuti oleh Rusia (250.000 ton), Kaledonia Baru (190.000 ton) dan Australia (160.000 ton).

Indonesia telah menghentikan ekspor bijih nikel mentah dalam upaya untuk meningkatkan nilai tambah komoditas dan mendorong industri hilir. Indonesia saat ini hanya mengekspor nikel dalam bentuk olahan seperti feronikel dan nikel pig iron.

bisnis

See also  Seperti Apa Gejala Hoarding Dysfunction dan Cara Mengatasinya?
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.