August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

UMKM Lokal Medan Berkembang Lewat On-line Market

2 min read

Harris menyatakan, meski Australia bukan negara penghasil biji kopi utama, namun warga Australia selalu memberikan apresiasi yang besar terhadap kopi. Oleh karena itu, Harris dan Norita ingin membawa kopi berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia dan membangun apresiasi tersebut, terutama karena merupakan salah satu produsen kopi terkemuka di dunia.

Selama bertahun-tahun, Coffeenatics telah mengembangkan pasarnya melalui acara offline melalui Jakarta Espresso Week, Ubud Competition Makanan (UFF), Ubud Writers & Readers Competition (UWRF), TEDxUbuddan Melbourne Worldwide Espresso Expo (MICE).

Sambil memperluas pasar mereka, Coffeenatics juga memberdayakan petani kopi lokal. Semuanya dimulai dengan program yang disebut ‘Adopsi Ladang Kopi’ di SimalungunKaro, Aceh, dan KintamaniBali.

Program ini tidak hanya memungkinkan Coffeenatics untuk mengontrol kualitas biji kopi mereka, tetapi juga meningkatkan ekonomi petani lokal di daerah tersebut. “Kami berharap dapat memberdayakan petani biji kopi lokal untuk membantu mereka berkembang di negara mereka sendiri,” kata Harris.

Biji kopi lokal dari Coffeenatics

Lebih-lebih lagi, Coffeenatics juga mendukung konservasi siamang (owa berbulu hitam tidak berekor). Setiap pembelian Coffeenatics Kopi Hutan Siamang pergi ke konservasi habitat siamang.

Dedikasi dan kerja keras mereka terhadap masyarakat dan bisnis mereka telah memberikan hasil yang luar biasa, dari hanya menjual biji dan kopi bubuk, hingga menjual mesin dan peralatan kopi. Bisnis juga didirikan Coffeenatics Akademi, di mana siswa dapat belajar banyak aspek dari industri kopi.

Transformasi Bisnis di tengah Pandemi

Ketika pandemi melanda Indonesia pada tahun 2020, Coffeenatics mengadopsi pendekatan digital untuk beradaptasi dan bangkit kembali. Dengan mengoptimalkan toko online-nya di Tokopedia, ia melihat pertumbuhan yang berarti dalam transaksinya bahkan selama pandemi.

See also  BRIN Cease dan Nego Ulang Bikin Roket Bareng Cina, BPK: Berisiko Gagal

Coffeenatics juga secara teratur bergabung dengan kampanye perusahaan, termasuk inisiatif Hyperlocal, yang mencakup Waktu Indonesia belanja (WIB) promo penjualan, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan #SatuDalamKopi. Coffeenatics juga mengikuti Jakarta Espresso Week 2020 yang biasanya berlangsung secara offline namun kemudian diadakan secara digital oleh Tokopedia.

“Tokopedia sangat membantu kami beradaptasi terutama di awal pandemi. Sepanjang tahun 2021, Coffeenatics transaksi naik 350 persen dibanding tahun 2020. Jangkauan kami sekarang lebih luas, bahkan sampai ke Papua,” kata Harris.

Coffeenatics hanyalah satu dari sekian banyak contoh UMKM sukses di Sumut yang mencatatkan peningkatan tinggi dalam transaksi Tokopedia.

“Makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, otomotif, dan perawatan diri termasuk dalam kategori dengan pertumbuhan transaksi tertinggi di Sumut pada tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Ivander Wijaya, pemimpin senior ekspansi pertumbuhan regional di Tokopedia.

Tokopedia mengaitkan pertumbuhan ini dengan program Hyperlocal yang membawa pelanggan ke penjual terdekat di wilayah mereka. “UMKM di seluruh nusantara, seperti Coffeenaticsbisa sama kesempatan untuk tumbuh seperti yang ada di kota-kota besar. Jadi mereka tidak perlu lagi pindah ke ibu kota untuk menjadi juara,” Ivander dilanjutkan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.