August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

80 Persen Warga Indonesia Tolak Tunda Pemilu 2024: Survei

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Survei terbaru yang dilakukan oleh lembaga survei Y-Publica mengungkapkan bahwa sebagian besar responden tidak setuju dengan wacana sosial baru-baru ini yang mencoba mendorong penundaan pemilihan umum 2024. Mayoritas responden juga menginginkan pilkada dilaksanakan sesuai jadwal.

“Lebih dari 80 persen masyarakat menolak gagasan penundaan pemilu dan ingin tetap dilaksanakan pada 2024,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam keterangan tertulis, Kamis, 10 Maret. Antaranews dilaporkan.

Jajak pendapat melakukan survei dari 24 Februari hingga 4 Maret 2022, dengan melakukan multistage random sampling pada 1.200 responden. Mereka mengklaim survei mereka memiliki margin of error hingga 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Apalagi survei tersebut menemukan 81,5 persen responden menginginkan pemilu 2024 digelar sesuai jadwal pada 14 Februari 2024. Complete hanya 12,9 persen yang tidak keberatan jika pemilu ditunda sementara dengan 5,6 persen sisanya tidak menjawab. atau belum diputuskan.

Rudi Hartono mengatakan, penundaan pilkada terkait dengan gagasan perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi menjadi yang ketiga.

“Pembatasan masa jabatan presiden maksimal dua periode diamanatkan setelah period reformasi. Setelah diamandemen, konstitusi secara jelas mengatur bahwa proses transisi kekuasaan akan berjalan secara demokratis,” kata Rudy.

Survei Y-Publica lebih lanjut mendukung hasil survei yang ditunjukkan oleh lembaga survei lain seperti Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menemukan mayoritas orang menginginkan Presiden Jokowi mengakhiri masa jabatannya pada 2024.

Pembicaraan tentang penundaan pemilihan umum 2024 pertama kali disuarakan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan disusul oleh pimpinan partai politik. Mereka berpendapat pemilu perlu ditunda hingga ekonomi nasional pulih dari pandemi Covid-19, meski Indonesia menggelar pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) di tengah panasnya pandemi pada 2020.

See also  Luhut: Likupang-Bangka Belitung Gerbang Wisata Indonesia Utara

Baca: Presiden Jokowi Didesak Tunjukan Komitmen di Pilkada 2024

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.