August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi Sebut Jakarta Tidak Ditinggalkan Saat Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi dalam memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Kamis, menegaskan bahwa Jakarta tidak akan ditinggalkan setelah pusat pemerintahan dipindahkan ke ibu kota baru Nusantara di Kalimantan.

“Jakarta akan diperbaiki dan tidak ditinggalkan. Jangan sampai persepsi seperti itu berkembang,” kata Presiden, Kamis, 10 Maret 2019. Antaranews dilaporkan.

Nusantara direncanakan akan dibangun di atas lahan yang sangat luas seluas 256.142 hektar dengan luas lautan 68.189 hektar yang terletak di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur dan Kutai Kartanegara. Presiden juga telah menunjuk kepala dan wakil kepala otoritas Nusantara yang baru, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyoroti rencana pemerintah untuk mendistribusikan produk domestik bruto ekonomi secara merata dan menyebutkan kesenjangan ekonomi di pulau Jawa dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Mega proyek ini akan menghabiskan complete dana hingga Rp466 triliun, menurut perkiraan pemerintah.

“56 persen orang Indonesia ada di Jawa. PDB ekonomi pulau ini 58 persen,” kata Presiden. “Saya berharap kepala otoritas baru dan wakilnya akan merekrut orang-orang di daerah lain. Kita harus melibatkan orang-orang dan mengomunikasikan kepada mereka alasan di balik kepindahan itu.”

Pembangunan ibu kota baru akan dilakukan dalam 5 tahap. Tahap pertama akan berlangsung antara 2022 dan 2024 yang akan melihat pembangunan fasilitas perkotaan, infrastruktur dasar, fasilitas pendukung ekonomi lokal, dan relokasi Angkatan Bersenjata (TNI), Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca: Bambang Susantono – Dhony Rahajoe Resmi Pimpin Ibu Kota Baru Indonesia

ANTARA

See also  Gubernur Kalteng Minta Bupati dan Wali Kota Tetapkan Siaga Darurat Kebakaran Hutan
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.