August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi Tegaskan Siap Hadapi Gugatan Penghentian Ekspor Bauksit

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaPresiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan siap menghadapi tuntutan hukum internasional terhadap larangan ekspor mineral, yang akan diberlakukan pada 2023. Indonesia akan melarang ekspor bahan baku bauksit, tembaga, dan timah.

“Kita harus memiliki keberanian untuk melakukan itu. Kalau kita tidak pernah mencoba, kita tidak akan tahu menang atau kalah,” ujarnya saat menghadiri Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, Jumat, 11 Maret.

Indonesia telah menghentikan ekspor bahan baku nikel sejak 1 Januari 2020. Akibatnya, Uni Eropa mengajukan gugatan terhadap Indonesia ke Worldwide Commerce Group (WTO).

“Sampai sekarang belum selesai,” kata kepala negara tentang perkembangan gugatan itu. Namun, dia menyatakan keyakinannya tentang kebijakannya karena efeknya telah terlihat.

Tujuh tahun lalu, dia menyebutkan, ekspor bahan baku nikel Indonesia sekitar US$1 hingga 1,5 miliar. Setelah pelarangan, terjadi industri hilir komoditas dan dilanjutkan kembali ekspor dalam bentuk barang setengah jadi dan barang jadi.

Jokowi mengatakan nilai ekspor per 2021 naik menjadi US$ 20,8 miliar. Meski gugatan pelarangan nikel belum berakhir, Indonesia bertekad menghentikan ekspor bahan baku bauksit, tembaga, dan timah tahun depan. “Tidak apa-apa untuk mendapatkan jas. Kami juga belum tentu kalah atau menang,” ujarnya.

Baca: Indonesia Masih Tahan Kenaikan Harga BBM: Jokowi

FAJAR PEBRIANTO

See also  Hasto Pastikan Calon Menpan RB Kader PDI Perjuangan
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.