August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Anak Muda Penggerak Pertumbuhan Ekonomi di Period 5.0 Masyarakat: Menteri

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan generasi muda yang berkualitas akan memiliki peran penting sebagai motor penggerak bangsa. pertumbuhan ekonomi di period Society 5.0.

“Pengembangan keterampilan digital diproyeksikan memberikan kontribusi sebesar Rp4.434 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2030. Angka tersebut setara dengan 16 persen dari complete PDB Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Sabtu. .

Sebuah studi yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Firm pada tahun 2021 mematok nilai digital gross merchandise worth (GMV) Indonesia sebesar US$70 miliar, atau 40 persen dari complete GMV digital negara-negara Asia Tenggara.

Oleh karena itu, potensi besar tersebut harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan bersama karena nilainya diperkirakan akan terus tumbuh dan mencapai US$146 miliar pada tahun 2025.

“Namun, pengembangan potensi ekonomi tersebut memerlukan koordinasi dan sinergi dengan semua pihak, termasuk perguruan tinggi, dengan mendorong digitalisasi program pembelajaran,” kata Menko.

Pengembangan talenta digital juga diharapkan dapat mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

UMKM bersama pengusaha menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

Namun, saat ini rasio pengusaha di Indonesia hanya 3,47 persen dari complete penduduk.

Angka tersebut di bawah rasio kewirausahaan di negara maju, minimal 5 persen.

UMKM juga sering mengalami tantangan, antara lain keterbatasan inovasi, teknologi, pembiayaan, sumber daya manusia, branding, dan akses pemasaran, serta kesulitan dalam standardisasi dan sertifikasi.

Tantangan yang dihadapi UMKM semakin meningkat, terutama di tengah pandemi, karena mereka sekarang perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk mendigitalkan bisnis mereka dan memberikan layanan yang luas, cepat, efektif, dan efisien.

See also  2.410 TNI, Perwira Polri Amankan Kunjungan Jokowi ke NTT

“Pemerintah terus mendukung UMKM sebagai ekosistem ekonomi digital yang sangat penting di Indonesia dengan mengeluarkan instrumen kebijakan yang dapat mengoptimalkan manfaat bagi UMKM,” tambah Hartarto.

Membaca: Jakarta Rekor Pertumbuhan Ekonomi Positif pada 2021: Bappeda

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.