August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kementerian Kesehatan Mengatakan Mereka Memantau Situasi Deltacron di Eropa

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPemerintah Indonesia sedang memantau perkembangan deltacron varian COVID-19, kombinasi dari mutasi Delta dan Omicron yang telah terdeteksi di Eropa, kata Kementerian Kesehatan.

“Perkembangannya masih dipantau. Karena tidak ada bukti peningkatan penularan, keparahan, dan lain-lain,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan tertulis yang diterima, Minggu.

Para ilmuwan telah mengkonfirmasi varian COVID-19 baru, yang merupakan kombinasi dari varian Omicron dan Delta, dengan kasus yang dilaporkan di beberapa negara Eropa.

Varian, dijuluki ‘Deltacron’, dikonfirmasi oleh sekuensing genom yang dilakukan oleh para ilmuwan di IHU Mediterranee An infection di Maseille, Prancis. Varian tersebut telah terdeteksi di beberapa daerah di Prancis.

Menurut database internasional International Initiative on Sharing All Influenza Knowledge (GISAID), kasus varian Deltacron juga ditemukan di Denmark dan Belanda.

Selain itu, dua kasus diidentifikasi di Amerika Serikat dan 30 kasus yang dilaporkan diidentifikasi di Inggris.

Varian ini adalah hibrida yang lahir melalui proses yang disebut rekombinasi, di mana dua varian virus menginfeksi individu secara bersamaan, sehingga menghasilkan pertukaran materi genetik dan menciptakan varian baru.

Tarmizi memastikan pemerintah terus memantau kondisi tersebut sekaligus menggalakkan vaksinasi COVID-19 untuk mendongkrak angka vaksinasi.

“Ya artinya dalam menghadapi potensi penularan, ekspedisi booster dan vaksinasi primer harus (dilakukan),” ingatnya.

Ahli dari Universitas YARSI, Prof Tjandra Yoga Aditama, menyatakan bahwa Deltacron merupakan kombinasi dari BA.1 dan B.1617.2, dan saat ini terdaftar sebagai laporan surveilans varian.

Dia menyatakan bahwa deltacron telah dilaporkan di Siprus sejak 2021. Namun, banyak yang mengira virus ini hanyalah kotoran di laboratorium.

Membaca: Indonesia Terus Mencatat Jumlah Kasus Harian COVID-19 yang Lebih Rendah

See also  Y20 Momentum Pemimpin Muda di NTB untuk Belajar, Kata Gubernur

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.