August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Upaya Pembuangan Sampah Laut Menjadi Agenda Nasional: Kementerian

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaWakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengatakan kegiatan penanganan dan pengurangan sampah laut padat yang diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara memperingati Hari Dinas Kehutanan harus menjadi program rutin.

Ia mengikuti kegiatan bersih pantai di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, untuk memperingati hari tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan serentak di enam lokasi lainnya di seluruh Indonesia.

Wamenhub mengatakan, gerakan nasional pengurangan sampah laut padat harus dilakukan bekerja sama dengan pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat.

Pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai langkah strategis untuk mengurangi sampah laut hingga 30 persen dan menangani 70 persennya pada tahun 2025, tambahnya.

“Jumlah sampah laut di Indonesia sudah kami pantau sejak tahun 2017. Pada tahun 2021, ditemukan 40 persen sampah yang ditemukan di pantai adalah sampah plastik. Oleh karena itu, hal tersebut harus segera ditangani oleh semua pihak,” desaknya.

Kegiatan bersih pantai nasional ini merupakan bagian dari strategi konkrit pemerintah untuk menjawab tantangan baru menjaga ekosistem laut di tengah polusi akut sampah plastik dan mikroplastik, katanya.

“Gerakan penanganan sampah laut juga sedang dilakukan secara world karena hal tersebut sudah menjadi masalah world,” tambahnya.

Dohong menginformasikan bahwa sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak ditemukan di perairan. Berat sampah plastik yang ditemukan di perairan mencapai sekitar 1.432 gram/meter persegi (gr/m2) — atau 44 persen dari complete sampah — dan berjumlah 162,17 lembar/meter persegi (pcs/m2).

Sementara itu, sampah kaca dan keramik menempati urutan kedua tertinggi dari segi quantity, dengan berat mencapai 498,98 gr/m2 — atau 15 persen dari complete sampah — dengan complete 55,78 pcs/m2.

See also  Intelijen Inggris dan FBI Kompak Ingatkan Bahaya Laten Spionase China

“Kantong plastik dan wadah makanan cepat saji merupakan sampah yang paling banyak ditemukan pada tahun 2021,” imbuh Wamenhub.

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.