August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gempa Besar Batu Siberut, Kepulauan Mentawai

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Rentetan gempa yang mengguncang Pulau Siberut pada dini hari Senin, 14 Maret, dirasakan kuat oleh penduduk lokal pulau yang terletak di barat Sumatera, di sepanjang megathrust Sunda dan dekat dengan pusat gempa.

Menurut Fachri, seorang warga setempat, gempa tersebut begitu kuat hingga menggetarkan jendela-jendela rumah. “Ini bergetar hebat, jendela bergetar kuat, [we were] tinggal nunggu putus,” kata pria yang merupakan kepala sekolah di SMAN 1 Negeri setempat, Siberut Barat itu.

“Saya dan keluarga saya sudah siap untuk mengungsi ke bukit yang lebih tinggi, tetapi melalui panggilan telepon [we were informed] bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, maka kami memutuskan untuk tetap tinggal,” kata Fachri

Sementara itu, Kepala Desa Siberut Barat Jop Sirirui membenarkan kuatnya gempa membuat warga berhamburan ke tempat yang lebih tinggi karena khawatir akan terjadi tsunami. “Sementara ini, tidak ada kerusakan yang dilaporkan. Saya akan terus pantau kondisi di Siberut Barat,” imbuhnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan, gempa yang sebelumnya diumumkan berkekuatan 6,9 pada 04:09 Waktu Indonesia Barat (WIB) tetapi telah direvisi menjadi berkekuatan 6,7. .

Gempa yang melanda Siberut di Kepulauan Mentawai hingga Kepulauan Batu yang berasal dari zona megathrust dan awalnya diperingatkan berpotensi merusak.

“Gempa berkekuatan 6,7 magnitudo terletak di zona celah seismik di bagian utara Kepulauan Mentawai. Gempa besar terakhir yang berkekuatan 8,5 SR terjadi pada 1797 atau 225 tahun lalu,” jelas Daryono. “Kita harus mewaspadai gempa ini dan apakah akan ada tindak lanjut.”

Baca: Rentetan Gempa Di Nias Senin Dini

FEBRIANTI (KONTRIBUTOR)

See also  Pedagang Roti sampai Obat Komplain soal Sertifikasi Halal ke Jokowi

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.