August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

MUI Kritik Bentuk Baru Label Sertifikasi Halal

2 min read

Directoresdecasting.data, JakartaWakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengkritik kebijakan baru tersebut halal tanda sertifikasi yang diperkenalkan oleh Badan Sertifikasi Halal Kementerian Agama (BPJPH) untuk menggantikan emblem MUI saat ini. Ia mengatakan bentuk label tersebut tidak sesuai dengan pembahasan awal dan tidak mewakili kearifan nasional.

Abbas menjelaskan, label yang harus digunakan secara nasional mulai 1 Maret 2022 itu jauh berbeda dengan pembicaraan awal yang dilakukan antara kementerian dan dewan.

“Pada pembahasan awal, setahu saya, ada tiga unsur yang akan ditampilkan dalam emblem tersebut, yakni kata BPJPH, MUI, dan halal, di mana MUI dan kata halalnya ditulis dalam bahasa Arab,” ujarnya. Senin, 14 Maret.

Selain itu, kata halal yang ditulis dalam kaligrafi Arab cenderung tidak terbaca oleh orang awam karena bentuknya didesain dengan menitikberatkan pada sisi artistik.

Abbas mengaku banyak yang menghubunginya terkait emblem tersebut. Mereka mengatakan emblem baru cenderung Jawa-sentris karena terlihat seperti Wayang Kulit atau wayang kulit bukan mewakili budaya bangsa.

Kementerian, menurutnya, kurang bijak dalam mendesain emblem yang digunakan secara nasional. “Secara pribadi, tentu saja, saya tidak bisa berbuat apa-apa selain tersenyum, apakah itu senyum bahagia atau pahit, menafsirkannya sesuka Anda. Yang penting bagi saya adalah negara ini aman dan damai,” kata Abbas.

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham sebelumnya menjelaskan bahwa warna ungu halal label mengadaptasi nilai-nilai Indonesia. Bentuk dan corak yang digunakan merupakan artefak budaya dengan ciri khas yang unik dan kuat yang mewakili Indonesia. Bentuknya terdiri dari dua benda, yaitu Gunungan atau gunung dan surjan pola pada Wayang Kulit berbentuk limas.

Membaca: Pemerintah Luncurkan Label Sertifikasi Halal Baru

See also  Indonesia Cabut Aturan PCR, Tes Antigen Saat Kedatangan Bagi Wisatawan

ARRIJAL RACHMAN

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.