August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Luncurkan Label Sertifikasi Halal Baru

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaKementerian Agama Indonesia meluncurkan yang baru halal label sertifikasi yang berlaku mulai 1 Maret 2022. Kepala Badan Sertifikasi Halal (BPJPH) Aqil Irham mengatakan, label harus digunakan untuk menandai standing kehalalan suatu produk sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Label baru tersebut akan menggantikan label lama yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Namun pelaku usaha yang memiliki produk bersertifikat halal sebelum BPJPH beroperasi dan masih memiliki stok produk berlabel halal MUI dan nomor registrasi diperbolehkan untuk menggunakan stok terlebih dahulu,” kata Aqil dalam keterangan tertulis, Minggu, 13 Maret.

Mereka kemudian diwajibkan untuk menyesuaikan kemasan produknya dengan menambahkan emblem baru berwarna ungu sesuai SK Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 sebagai amanat Pasal 37 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014.

Aqil mengklaim kebijakan ini bertujuan untuk memudahkan pelaku usaha dalam menerapkan aturan sertifikasi halal wajib, yang sebelumnya bersifat sukarela, selama masa transisi.

Sekretaris BPJPH Muhammad Arfi Hatim menambahkan hal itu sebagai penanda halal standing suatu produk, label halal harus mudah dilihat dan dibaca oleh masyarakat atau konsumen. Juga harus dipastikan tidak mudah lepas, terlepas, dan rusak sesuai ketentuan.

Membaca: Jatim Targetkan 1,5 Juta Produk UMKM Tersertifikasi Halal pada 2022

FAIZ ZAKI

See also  C. Jawa Kemungkinan Menjadi Lokasi Masa Depan Pabrik Tesla Indonesia
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.