August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Ritual di Floor Zero Ibu Kota Baru Melambangkan Persatuan, kata Jokowi

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada Senin menjelaskan, ritual Kendi Nusantara yang digelar pagi ini di floor zero ibu kota baru Indonesia murni gagasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Ritual tersebut melibatkan Presiden mencampurkan unsur air dan bumi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

“Itu ide Presiden, yang dimaksudkan untuk menampilkan tanah dan air, mirip dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” kata Heru, Senin, 14 Maret.

Lirik dalam lagu kebangsaan menyebutkan “tanah air”, yang secara langsung diterjemahkan sebagai tanah dan air tetapi mengacu pada “tanah air” sebagai kata benda tunggal.

Isi kendi air tradisional tersebut selanjutnya akan disebar di wilayah ibu kota baru Kalimantan Timur, bersamaan dengan penanaman pohon yang menjadi ciri khas 34 provinsi di Indonesia. Usai ritual, Presiden Joko Widodo akan menghabiskan malam dengan berkemah di floor zero ibu kota baru.

Ia dikabarkan akan didampingi sejumlah menteri negara dan gubernur seperti Gubernur Kaltim Isran Noor, Kepala dan Deputi Otoritas Ibu Kota Baru Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. , dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mengutip pidato penerimaan Presiden Jokowi, upacara Kendi Nusantara berarti mencampurkan unsur air dan bumi dan melambangkan persatuan bangsa.

“Ini untuk melambangkan kuat [unity in diversity] di antara kita dan dalam hal membangun ibu kota Nusantara,” kata Presiden dalam pidato penerimaannya, Senin, 14 Maret.

Baca: Jokowi Sebut Ritual Kendi Nusantara Simbol Keberagaman

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  PLN Bangun 27 SPBU di Destinasi Wisata
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.