August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Jokowi: Ibu Kota Baru Jadi Kota Hutan Tanaman Endemik

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan ibu kota baru Indonesia yang diberi nama Nusantara akan menjadi kota hutan. Kawasan yang saat ini merupakan hutan monokultur dan tanaman industri homogen akan diubah menjadi hutan tanaman endemik.

Artinya, hutan tetap terjaga apa adanya,” kata Jokowi saat memberikan sambutan di lokasi pembangunan Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa, 15 Maret, sebagaimana disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan konsep tersebut bertujuan untuk membuat ibu kota baru menjadi lebih indah. Sebagai kota hutan endemik, Presiden berharap Nusantara menjadi habitat berbagai satwa cantik.

“Ini akan menarik burung dan kupu-kupu,” katanya, berdiri di tempat istana presiden akan dibangun.

Widodo mengatakan rencananya akan menebang pabrik industri yang saat ini memenuhi kawasan tersebut, setiap tujuh tahun sekali. Lokasi tersebut akan ditanami kembali dengan berbagai tanaman lain sehingga menjadi hutan endemik.

Untuk itu, pemerintah membangun Pembibitan Mentawir di Desa Mentawit, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara. Pada Senin, 14 Maret, Presiden mengunjungi daerah tersebut.

Dikatakannya, pembibitan tersebut dapat menghasilkan 15 hingga 20 juta bibit pohon selama enam hingga tujuh bulan ke depan. Bibit tersebut akan diangkut ke Nusantara dan ditanam di lahan kritis untuk merehabilitasi hutan yang rusak akibat pembangunan ibu kota.

Jokowi mengunjungi lokasi pembangunan Nusantara di Penajam Paser Utara, Senin. Bersama para gubernur seluruh provinsi di Indonesia, ia melakukan upacara ‘Kendi Nusantara’ menuangkan tanah dan air dari semua provinsi ke dalam kendi besar yang ditempatkan di Monumen Titik Nol ibu kota baru.

See also  Reli Mahasiswa; Jalan-jalan di sekitar Istana Negara Ditutup Mulai Pukul 09.00
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.