August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pengembangan Ibu Kota Baru Berpotensi Menggusur 20.000 Penduduk Asli: Jatam

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaPejabat Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim Pradarma Rupang mengatakan, proyek pembangunan ibu kota baru atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur berpotensi menggusur 20.000 penduduk lokal dan adat.

Dia menggarisbawahi bahwa orang-orang itu telah tinggal di kawasan hutan jauh sebelum rencana pembangunan ibu kota baru.

“Lahan 260.000 hektar itu (complete luas IKN) bukan tanah kosong. Ada kawasan pemukiman,” kata Rupang dalam webinar, Selasa, 15 Maret.

Menurutnya, 40 persen dari complete wilayah IKN sudah ditempati warga. Knowledge tersebut bahkan telah dikonfirmasi oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Pembangunan IKN akan menimbulkan kerusakan berlapis di 53 desa [located around IKN]. Pembukaan lahan dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran yang seharusnya menopang kehidupan di sekitarnya,” kata Rupang.

Sementara itu, juru kampanye Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Uli Arta Siagian, mengatakan pemerintah selalu menganggap hutan di Kalimantan tidak berpenghuni. Padahal, katanya, ada banyak orang yang tinggal di sana.

“Pemerintah menegaskan bahwa tanah tersebut adalah tanah tak bertuan. WALHI mengungkapkan banyak persoalan tumpang tindih lahan ibu kota baru,” kata Uli.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah hanya akan menggunakan sekitar 50.000 hektare atau 30 persen dari complete 256.000 hektare areal IKN untuk pusat pemerintahan.

“Sisa 200.000 hektar akan dibiarkan sebagai hutan hijau. Yang rusak akan diperbaiki,” kata Presiden seraya menekankan bahwa ibu kota baru pembangunan tidak akan merusak lingkungan sekitar.

Membaca: Ritual di Floor Zero Ibu Kota Baru Melambangkan Persatuan, kata Jokowi

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  PPATK Terduga Dalang Aplikasi Investasi Ilegal yang Tinggal di Indonesia
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.