August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

AFD Menegaskan Kembali Dukungan untuk Pembangunan Berkelanjutan, Transisi Rendah Karbon di Indonesia

3 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta – Dalam kesempatan kunjungan Direktur Jenderal Rémy Rioux ke Indonesia, Grup Agence Française de Développement memperbarui komitmennya untuk energi transisi, pengelolaan laut berkelanjutan, dan keuangan berkelanjutan di Indonesia, serta ke ASEAN. Dua perjanjian ditandatangani dengan PT SMI dan PLN, dan Dirjen AFD menegaskan kembali komitmen AFD di dalam negeri kepada beberapa menteri pemerintah Indonesia selama pertemuan bilateral.

Sebagai kekuatan maritim utama di Indo-Pasifik dan anggota G20, Indonesia memainkan peran yang semakin penting dalam agenda internasional. Negara ini bergerak menuju keuangan berkelanjutan dan transisi energi. Dalam kunjungannya, Rémy Rioux menegaskan kembali prioritas AFD untuk mendampingi negara dalam masa transisinya.

Pembaruan dukungan Prancis untuk Indonesia

Pada kesempatan ini, beberapa perjanjian kerjasama ditandatangani. Yang pertama adalah memperbaharui kemitraan antara AFD dan PT SMI, financial institution pembangunan Indonesia, selama tiga tahun ke depan. Kesepakatan ini mencerminkan keinginan untuk melanjutkan kerjasama antara kedua lembaga pembangunan, tetapi juga untuk mendukung pengembangan kegiatan PT SMI. Hal ini juga bertujuan untuk melangkah lebih jauh, dengan memperkuat kerjasama antara PT SMI dan AFD pada berbagi pengetahuan dan pertukaran rekan pada khususnya.

Kesepakatan kedua ditandatangani antara PLN, perusahaan listrik nasional, dan AFD untuk mempromosikan pengembangan energi angin di Indonesia. Secara whole, €1,3 juta harus dimobilisasi untuk membiayai studi kelayakan dan memperkuat kapasitas agen PLN dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga angin energi proyek, dan pada akhirnya mendukung transisi energi negara.

Selain dua tanda tangan tersebut, Dirjen AFD menyambut baik komitmen Indonesia terhadap pengelolaan laut yang berkelanjutan dan kerjasama antara AFD dan pemerintah dalam hal ini, dalam pertemuannya dengan HE Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perikanan. AFD telah memobilisasi lebih dari €492 juta selama sepuluh tahun terakhir di sektor maritim dan kelautan.

See also  Konsep Revitalisasi Kampung Gembira Gembrong, Ramah Anak dan Lansia Menghadap Kali Cipinang

kerjasama regional

Di tingkat regional, kunjungan ini merupakan kesempatan untuk mengingat kembali kesediaan AFD untuk bekerja sama dengan ASEAN di berbagai sektor seperti energi atau polusi udara, dalam rangka standing Prancis sebagai mitra pembangunan, yang diperoleh pada September 2020. Delegasi yang juga terdiri dari Direktur Regional AFD di Asia Tenggara, Yazid Bensad, bertemu dengan HE Robert Matheus Michael Tene, Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN.

Kemitraan internasional Prancis-Indonesia

Terakhir, kedua negara menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama secara internasional. Rémy Rioux bertemu dengan HE Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, untuk membahas kerja sama antara Presidensi G20 Indonesia saat ini dan Finance in Frequent Summit (FICS) yang disampaikan oleh AFD, dan mengusulkan partisipasi kedua Indonesia dalam FICS yang akan diadakan pada 19 dan 20 Oktober 2022, tetapi juga kontribusi dari FICS kepada kelompok kerja yang dipimpin oleh G20.

Terakhir dibahas kreasi sinergi baru antara AFD Group dengan lembaga kerjasama internasional Indonesia, IndoAid, dengan tujuan untuk mempererat kerjasama kedua institusi di Indo-Pasifik.

“Saya menyambut baik pertemuan yang bermanfaat ini dengan berbagai mitra kami di Indonesia. Dalam 15 tahun, Grup AFD telah menjadi salah satu mitra bilateral pertama di Indonesia, dengan pembiayaan €3 miliar. Perjanjian baru yang ditandatangani dan dialog yang dimulai akan membantu mendukung prioritas pemerintah di tingkat nasional dan kerjasama lebih lanjut di tingkat regional,” kata Rémy Rioux, Direktur Jenderal AFD.

Membaca: Jokowi Perkenalkan 2 Pembangkit Listrik Tenaga Air Baru di Sulawesi

TEMPO

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.