August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Kemenkes Ungkap Kondisi Pergeseran dari Pandemi COVID-19 ke Endemik

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaJuru bicara Kementerian Kesehatan untuk COVID-19 Vaksinasi, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan Indonesia masih berada dalam pandemi COVID-19 berdasarkan sejumlah indikator pengendalian virus.

Menurut dia, indikator untuk beralih ke endemis antara lain angka positif di bawah lima persen, angka rawat inap di bawah lima persen, angka kematian di bawah tiga persen, dan pembatasan mobilitas masyarakat atau standing PPKM di degree 1.

Kondisi tersebut harus terjadi dalam waktu tertentu, misalnya enam bulan. Namun kondisi Indonesia masih jauh dari persyaratan tersebut.

Karena itu, Nadia menegaskan, pemerintah tidak akan terburu-buru menggeser pandemi menjadi endemik.

“Pada masa endemis, kasus mungkin masih ada tetapi tidak mengganggu kehidupan kita seperti sekarang ini, dimana hampir semua aktivitas, kehidupan sosial, kehidupan keagamaan, dan aktivitas pariwisata kita tidak terganggu oleh kasus COVID-19,” kata Nadia dalam siaran persnya. pernyataan, Rabu, 16 Maret.

Saat ini, Indonesia sedang dalam proses transisi dari pandemi ke endemis sejalan dengan pelonggaran kebijakan COVID-19.

Pemerintah telah melonggarkan beberapa kebijakan seperti menurunkan standing PPKM ke degree 2, menurunkan tes antigen dan PCR bagi wisatawan domestik yang telah menjalani vaksinasi lengkap, serta mengurangi masa karantina bagi wisatawan asing secara bertahap dari 14 hari menjadi satu hari.

“Menghilangkan suatu penyakit membutuhkan waktu yang lama, jadi tentunya kita harus siap untuk hidup berdampingan dengan COVID-19,” pungkas Nadia.

Membaca: Jakarta Catat Penurunan Kasus Aktif Covid-19 pada 15 Maret

DEWI NURITA

See also  Jokowi Anjurkan Masyarakat Pulang Lebih Awal dari Libur Lebaran
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.