August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Mantan Deputi KPK: Pendukung Pilkada Tak Tahu Malu

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKepala Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Muhammadiyah yang juga mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas, Rabu, mengecam keras para elite politik yang secara kolektif mengusulkan penundaan pemilihan umum 2024.

“Wacana publik untuk menunda pemilu hanya menunjukkan bahwa mereka yang berkuasa semakin vulgar dan tidak tahu malu. Mereka gagal belajar dari sejarah,” kata Busyro dalam diskusi on-line pada 16 Maret lalu.

Gagasan penundaan Pilkada 2024 disuarakan oleh sejumlah politisi yang menyiratkan perpanjangan masa jabatan presiden Joko Widodo, yang menjalani masa jabatan terakhirnya. Ini, kata Busyro, bertentangan dengan konstitusi dan tidak ada alasan logis untuk membenarkan gagasan itu.

Politisi yang menyuarakan gagasan itu secara terbuka adalah Ketua PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua PAN Zulkifli Hasan. Orang-orang itu menyebutkan berbagai motif; dari pemulihan ekonomi hingga klaim sewenang-wenang bahwa mayoritas orang mendukung gagasan penundaan pemilu 2024.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan baru-baru ini juga mengaku memiliki knowledge yang mendukung pernyataannya bahwa sebagian besar orang mendukung gagasan ini.

Busyro menilai alasan tersebut tidak logis. Apalagi setelah Badan Pemberantasan Korupsi (KPK) melemah di bawah kepresidenan saat ini, hingga persoalan yang saat ini dihadapi konsumen Indonesia; kurangnya pasokan minyak goreng di pasar.

Dia menegaskan, orang-orang yang berkuasa tampaknya berusaha untuk memperpanjang masa jabatan Presiden. “Kita tidak boleh membiarkan ini terjadi. Ormas, LSM, hingga organisasi mahasiswa harus tegas menyatakan penolakannya,” kata Busyro Muqoddas.

Baca: 80 Persen Warga Indonesia Tolak Tunda Pemilu 2024: Survei

DEWI NURITA

See also  Peran Wajah Usai Operasi Plastik, Lucinta Luna: Tak Ada yang Menandingi Kecantikanku
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.