August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gugus Tugas Desak Masyarakat Lakukan Tes COVID-19 Jika Menunjukkan Gejala

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaJuru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tetap waspada terhadap penularan virus meski jumlah kasus positif terus menurun.

Indonesia terus melihat tren penurunan kasus harian. Namun seiring dengan penurunan jumlah tes sejak minggu ketiga Februari 2022 sebesar 52 persen per minggu dibandingkan dengan puncak kasus Omicron pada pertengahan Februari.

“Artinya penurunan kasus berpotensi karena orang positif yang tidak teridentifikasi. Kita semua perlu menyadari hal ini. Jangan sampai penurunan jumlah tes berdampak pada pseudo-data pada penurunan kasus,” kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis, 17 Maret.

Menurut dia, penurunan jumlah tes tersebut kemungkinan karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan tes. Selain itu, pemerintah telah menjatuhkan tes sebagai persyaratan perjalanan.

Wiku meminta masyarakat aktif melakukan tes saat menunjukkan gejala penyakit. Jika masyarakat mengabaikan hal ini, lanjutnya, maka mereka juga akan rugi.

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2022, orang menjalani tes COVID-19 karena dua alasan utama: program kantor (51 persen) dan persyaratan perjalanan (38,1 persen). Alasan lainnya termasuk program pengujian (23,3 persen), dan hanya 18,7 persen responden yang mengikuti tes karena merasa tidak enak badan.

Baca: Vaksinasi Melebihi Goal; Jakarta bungkam soal Herd Immunity

DEWI NURITA

See also  Dubes Rusia Vorobieva Apresiasi Kerjasama yang Berkembang dengan Indonesia
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.