August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Gugus Tugas Ingatkan Masyarakat tentang Limbah Medis Hasil Swates COVID-19

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat yang melakukan swasembada Covid-19 untuk berhati-hati dalam mengelola sampah medis. Dikatakannya, sudah banyak masyarakat yang mulai melakukan tes secara mandiri menggunakan alat swab yang dijual di e-commerce.

“Pastikan dilakukan dengan benar dan memperhatikan pengelolaan limbah medis setelah digunakan,” kata Wiku dalam keterangannya, Jumat, 18 Maret.

Pengujian sendiri diperbolehkan mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Namun, Wiku mengatakan praktik tersebut membutuhkan kehati-hatian karena dapat melukai pernapasan.

“Pastikan take a look at package yang dibeli terdaftar resmi dan memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan untuk memastikan kualitas dan keakuratannya,” tegasnya.

Wiku mengatakan pemerintah menyambut baik berbagai upaya yang meningkatkan aksesibilitas pengujian yang setara di masyarakat dan berharap lebih banyak peneliti dan inovator akan bersaing untuk menghasilkan alat skrining dan diagnostik COVID-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan mengatur penjualan alat tes antigen COVID-19 yang dijual secara eceran atau per boks di e-commerce.

Dari TempoPantauan di beberapa situs e-commerce, retail antigen take a look at package memang diminati karena jumlah penjualannya mencapai ribuan. Apalagi harga satu package hanya Rp19.000, jauh lebih murah dibandingkan tes di klinik yang harganya Rp40.000-85.000 per tes.

Baca: Masalah Sampah Medis di Tengah Covid-19

M JULNIS FIRMANSYAH

See also  Hasil Kualifikasi Malaysia Masters 2022: Putri KW Lolos, Ruselli Hartawan Kandas
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.