August 17, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Otoritas Ibukota Baru Pengganti SoftBank yang Optimis Akan Muncul

2 min read

Directoresdecasting.information, Jakarta Kepala otoritas ibu kota baru Bambang Susantono pada hari Jumat mengatakan pemerintah saat ini sedang mencari calon investor untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur, yang diperlukan untuk menggantikan SoftBank menyusul penarikan perusahaan Jepang tersebut.

Dia menjelaskan, pembentukan struktur otoritas ibu kota baru yang kredibel merupakan salah satu alternatif untuk menarik investasi, yang menurut Susantono saat ini sedang dibentuk.

“Investor pada akhirnya akan datang secara alami ketika kita membangun struktur yang baik untuk otoritas ibu kota baru,” katanya pada 18 Maret.

Dia mengatakan akan ada penyelenggara pemerintah sekaligus regulator di otoritas ibu kota baru dan badan usaha yang akan mengurus perkembangan dan pelaksanaannya serta menarik investor.

Dengan demikian, diharapkan pola kerjasama antara pemerintah dengan swasta atau investasi swasta dapat berlangsung lebih dinamis.

“Semakin kita good governance, semakin investor percaya bahwa kita punya kredibilitas dan tentunya nanti kepercayaan itu akan terbangun,” tambah Bambang.

SoftBank Group Corp adalah perusahaan induk konglomerat multinasional Jepang yang berkantor pusat di Minato, Tokyo, yang berfokus pada manajemen investasi. Grup terutama berinvestasi di perusahaan yang beroperasi di sektor teknologi, energi, dan keuangan dan sebelumnya berencana untuk menginvestasikan US$100 miliar dalam proyek modal baru di Indonesia.

Indonesia bahkan telah menunjuk CEO SoftBank Masayoshi Son sebagai ketua komite pengarah ibu kota baru.

Pemerintah dikabarkan membutuhkan Rp110 triliun untuk pembangunan ibu kota baru yang sebagian besar dananya berasal dari swasta dengan tujuan untuk menjaga anggaran negara. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) telah menunjukkan minat untuk berinvestasi dalam proyek ambisius tersebut.

See also  Muncul Situs Absensi Keaktifan PPPK, BKN: Hoaks

Baca: Pembicaraan Investasi Ibu Kota Indonesia-Arab Saudi Berlanjut

M JULNIS FIRMANSYAH

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.