August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemilu 2024 Digelar Sesuai Jadwal: Mendagri

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Jumat, menegaskan pemilihan umum 2024 yang biasa disingkat Pemilu akan berjalan sesuai rencana yang disepakati pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Hasil rapat kami di Komisi II sudah menentukan tanggalnya,” ujarnya saat ditanya di kantornya, 18 Maret lalu.

Namun, dia enggan mengomentari wacana publik yang diusung sejumlah orang yang menyarankan penundaan pemilu. “Hanya itu yang harus saya katakan.”

Pada 14 Februari 2022, pemerintah, anggota DPR, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat menjadwalkan pemilihan pada 14 Februari 2024.

Pembicaraan penundaan Pilkada 2024 pertama kali dilontarkan oleh Ketua Umum Partai PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Mereka berpendapat pemilu perlu ditunda hingga ekonomi nasional pulih dari pandemi COVID-19, meski Indonesia menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tengah panasnya pandemi pada 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menjadi tokoh yang menonjolkan gagasan tersebut ke publik. Menariknya, Presiden Jokowi tidak pernah tegas menentang gagasan tersebut dan hanya menyatakan akan tunduk pada konstitusi.

Karena itu, banyak pihak yang mendesak Presiden Jokowi untuk menunjukkan komitmennya terhadap pemilihan umum 2024.

Baca: Tanggal Pemungutan Suara untuk Pemilu 2024 Sudah Disepakati: Ketua DPR

FAJAR PEBRIANTO

See also  Abdul Gani Handonotjokro, Awak Pesawat Dakota yang Selamat dari Insiden 29 Juli 1947
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.