August 12, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Mulai Vaksinasi Sapi di Riau untuk Cegah Penyebaran LSD

2 min read

Directoresdecasting.information, Pekanbaru – Kementerian Pertanian RI melakukan vaksinasi di Provinsi Riau untuk mencegah penyebaran Penyakit Kulit Lumpy (LSD) pada sapi. Demikian disampaikan Nasrullah, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (DJP) Kementerian Pertanian melalui siaran pers resminya, Jumat, 18 Maret.

“LSD merupakan penyakit hewan asal Afrika yang menginfeksi sapi di Riau dalam satu bulan terakhir, sehingga untuk penanganan darurat, Kementerian Pertanian sudah memulai vaksinasi,” kata Dirjen Nasrullah. “Vaksinasi LSD bertujuan untuk mencegah infeksi baru dan perluasan penyakit lebih lanjut,” katanya.

Menurut Nasrullah, pada tahap pertama ini, vaksinasi akan difokuskan pada desa terjangkit dan selanjutnya akan dilakukan di zona kontrol dengan radius 10 km dari desa terjangkit. “100.000 dosis vaksin dan logistik vaksinasi sudah siap,” tambahnya.

Bonayus Pariza, Kepala Sementara Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, menyuntikkan vaksin LSD ke sapi pertama. Sapi yang terinfeksi LSD. Sumber foto: FAO/Eko Prianto

Lebih lanjut Nasrullah menjelaskan, upaya pengendalian LSD di Kabupaten Indragiri Hulu, Pelalawan, Indragiri Hilir, Dumai, Siak, Bengkalis, dan Kampar didukung oleh Australia-Indonesia Well being Safety Partnership (AIHSP), serta Meals and Agriculture Group. dari PBB. FAO).

“Pemprov Riau dan Pemkab juga sangat mendukung vaksinasi ini,” imbuhnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Herman, menyambut baik kegiatan vaksinasi ini dan berharap dapat menekan jumlah kasus baru LSD dan penyebaran LSD dari daerah yang terjangkit saat ini. Menurutnya, 188 petugas kesehatan hewan siap melakukan vaksinasi.

“Kami berterima kasih atas dukungan penuh dari Kementerian Pertanian dan AIHSP serta FAO dalam pengendalian LSD di Riau,” kata Herman.

See also  Tantangan Ikut Extremely Marathon dari Mulai Ngantuk Hingga Dikejar Anjing
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.