August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

BPJPH Tawarkan Sertifikasi Halal Free of charge untuk 25.000 UMK

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKementerian Agama RI halal Badan Penjaminan Produk (BPJPH) membuka pendaftaran program sertifikasi halal (Sehati) free of charge bagi 25.000 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK).

“Program Sehati akan kami laksanakan mulai Maret hingga Desember 2022. UMK yang mendaftar akan diprioritaskan,” kata Kepala Badan, Muhammad Aqil Irham, dalam keterangan yang diterima, Sabtu.

Program yang diluncurkan pada tahun 2021 ini merupakan kerjasama Kementerian Agama dengan sejumlah kementerian, lembaga, lembaga swasta, platform digital, perbankan, dan pemerintah daerah, ujarnya.

Hanya 25.000 UMK yang memenuhi persyaratan yang akan difasilitasi untuk membuat sertifikasi halal “self-declared” produknya, sebagaimana diatur dalam peraturan BPJPH.

Lebih lanjut, Kepala BPJPH berpesan kepada pelaku UMK yang tidak terpilih tidak perlu khawatir karena masih bisa mendapatkan fasilitasi pembiayaan free of charge dari kementerian lain, dinas pemerintah daerah, perbankan, maupun lembaga swasta.

Ia mengatakan, saat ini pembiayaan sertifikasi halal dari kementerian/lembaga lain masih dikonsolidasikan dengan berbagai pihak, misalnya Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kantor Staf Presiden (KSP), asosiasi bisnis, serta financial institution.

“Pada tahun 2021, terdapat 112 lembaga atau fasilitator yang memberikan bantuan pembiayaan sertifikasi halal bagi UMK. Complete anggaran bantuan tersebut mencapai Rp16,5 miliar yang bermanfaat bagi 7.160 UMK,” menginformasikan.

BPJPH juga telah melakukan pendekatan dengan berbagai pihak lain untuk mendapatkan dukungan pembiayaan sertifikasi halal UMK.

Badan tersebut menargetkan untuk mendapatkan 10 juta produk bersertifikat halal pada tahun 2022.

“Saat ini kami mengunjungi sejumlah provinsi untuk menjalin kemitraan dan melakukan audiensi dengan gubernur, bupati, dan walikota untuk mendapatkan dukungan nyata dari pemerintah daerah terkait fasilitasi dan pembiayaan pembangunan. halal sertifikat produk bagi UMK,” papar Irham.

See also  20 Rekomendasi Pantai di Malang untuk Snorkeling dan Diving

Membaca: Aksara Kufic Diadopsi Emblem Halal Baru Indonesia Dijelaskan

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.