August 19, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

IPU Bahas Konflik Rusia-Ukraina Meski Delegasi Tidak Ada

2 min read

Directoresdecasting.information, JakartaInter-Parliamentary Union (IPU) masih akan membahas Rusia-Konflik Ukraina meski delegasinya tidak hadir pada Sidang IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali, kata seorang pejabat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Kami masih menunggu. Kami berharap mereka hadir, tetapi sejauh ini Ukraina dan Rusia tidak menghadiri Discussion board IPU ke-144,” kata Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana di Bali, Sabtu.

Sidang IPU ke-144 masih akan membahas penyelesaian damai konflik Rusia dan Ukraina karena ini masalah kemanusiaan, katanya.

“Ini menjadi perjuangan parlemen dunia untuk menegakkan perdamaian, membantu dalam masalah perdamaian, dan masalah hak asasi manusia,” jelasnya.

Komitmen ini disampaikan Presiden IPU Duarte Pacheco dan Ketua DPR Puan Maharani yang memimpin sidang IPU tahun ini.

Di Bali Worldwide Conference Heart Nusa Dua, Sabtu, Pacheco mengatakan bahwa IPU berusaha menekan kedua pihak yang bertikai agar menyatakan gencatan senjata.

Sebab, konflik bersenjata hanya merenggut nyawa warga sipil, terutama anak-anak dan perempuan.

Setelah gencatan senjata, dialog dan diplomasi juga penting, tambahnya.

Selain konflik Rusia-Ukraina, Sidang IPU ke-144 juga akan membahas dampak perubahan iklim, kesetaraan gender, dan peran pemuda dalam politik.

Menurut presiden IPU, tanpa keterlibatan pemuda, pelaksanaan demokrasi tidak akan sempurna karena mereka merupakan separuh dari populasi dunia.

Selain itu, ia mencatat bahwa perubahan iklim adalah masalah nyata yang dihadapi semua warga di dunia.

IPU, kerjasama lintas batas antar parlemen, merupakan discussion board demokrasi terbesar kedua di dunia setelah Persatuan negara-negara (PBB).

Ini adalah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Sidang IPU.

Membaca: Putin Rusia Kritik Penelitian Militer-Biologis AS di Ukraina

See also  DPR Bentuk Panitia Kerja Minyak Goreng

ANTARA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.