August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Ketua Densus 88: Kami Ingin Perlakukan Teroris Sebagai Korban

1 min read

Directoresdecasting.data, JakartaDetasemen Antiteror Polri atau Kepala Densus 88 Insp. Jenderal Marthinus Hukom mengatakan dia ingin mengambil pendekatan yang lebih lunak terhadap teroris. Ia memandang teroris bukan hanya pelaku tindak kekerasan tetapi juga korban.

“Tentang bagaimana memperlakukan mereka sebagai korban. Kita ingin mengubah mindset mereka,” kata Marthinus usai rapat dengan Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 21 Maret.

Dia mengatakan teroris melakukan kekerasan karena satu-satunya doktrin yang mereka terima. Oleh karena itu, Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bertekad mengintervensi pemikiran tersebut dengan melibatkan tokoh agama yang diharapkan bisa memberikan perspektif lain bagi mereka.

“Kami sering berkolaborasi dengan NU (Nahdlatul Ulama) dan Muhammadiyah (dua organisasi Islam terbesar di tanah air),” tambahnya.

Marthinus mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pembinaan kepada 120 anggota jaringan kelompok teror Jemaah Islamiyah. Mereka dibiarkan bebas sambil dibimbing. “Itulah paradigma kita saat ini,” katanya.

Menurut Marthinus, Densus 88 telah menangkap 658 teroris dalam dua tahun terakhir. Penangkapan besar-besaran, lanjutnya, telah menurunkan insiden terorisme di Nusantara.

Baca: Densus 88 Tangkap 12 Tersangka Teroris di Empat Kota

M ROSSENO AJI

See also  IHSG Anjlok 0,78 Persen Menjelang Rapat Dewan Gubernur BI
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.