August 14, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

NasDem, PDIP Cabut Dukungan Terhadap Amandemen Konstitusi

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta NasDem Partai telah mengikuti langkah PDIP yang mengusulkan untuk menunda rencana amandemen konstitusi hingga masa jabatan pemerintahan saat ini berakhir pada 2024. Artinya, kedua partai politik tersebut telah resmi mencabut dukungan terhadap amandemen UUD 1945.

“Saran ini dimaksudkan untuk mencegah perluasan rencana amandemen konstitusi ke pembahasan perpanjangan masa jabatan presiden saat ini. Karena itu, menunda amandemen konstitusi adalah pilihan terbaik saat ini,” kata Ketua MPR Fraksi NasDem Taufik Basari dalam keterangannya pada 21 Maret.

Menurutnya, argumen utama Partai adalah bahwa pembicaraan tentang amandemen tidak mendesak dan mengatakan sejumlah survei publik menunjukkan bahwa mayoritas orang tidak setuju dengan langkah tersebut.

“Usulan amandemen, menurut NasDem, masih merupakan gagasan dari para elit dan belum menjadi tuntutan publik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PDIP Ahmad Basarah pada 17 Maret mengatakan pembicaraan tentang amandemen UUD 1945 hanya boleh dilakukan dalam situasi yang kondusif tidak seperti saat ini yang negatif terhadap gagasan – yang datang dari elit politik – untuk menunda pemilihan yang mengarah ke gagasan untuk memperpanjang masa jabatan presiden saat ini.

“Melihat dinamika politik yang berkembang saat ini, sebaiknya rencana amandemen terbatas UUD tidak dilaksanakan pada periode 2019-2024,” kata Basarah kepada Tempo.

Sikap NasDem dan PDIP juga didukung oleh dua parpol yang tidak tergabung dalam koalisi pemerintah; Partai Demokrat dan Partai PKS.

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, berharap parpol yang tergabung dalam koalisi pemerintah akan mengikuti sikap PDIP. “Kami berharap amandemen yang diusulkan akan segera dihentikan, jadi [the situation can calm down]” ujarnya, Kamis 17 Maret 2022.

See also  Anggota DPR Tertangkap Nonton Movie Porno di Tengah Sidang; PDIP Menjawab

Sebelum PDIP mencabut dukungannya terhadap amandemen konstitusi, ada empat fraksi partai politik yang menolaknya, yakni PKS, Golkar, Gerindra, dan Partai Demokrat.

Membaca: Stadion Internasional Jakarta Bukan Karya Anies Baswedan Saja, Kata PDIP

DEWI NURITA

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.