August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Presiden Jokowi Keluhkan Realitas Dana Perubahan Iklim di IPU ke-144

2 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, terus mengingatkan negara-negara maju tentang janji untuk mendanai negara-negara berkembang dalam pencegahan perubahan iklim, janji senilai 100 miliar dolar AS. Hal itu disampaikan Presiden saat membuka Persatuan Antar-parlemen (IPU) ke-144 yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 20 Maret lalu.

Jokowi mengimplikasikan bahwa perubahan iklim merupakan topik yang sering dibicarakan di panggung world dan diikuti dengan berbagai kesepakatan. Namun selama bertahun-tahun sejak meratifikasi kesepakatan, katanya, tidak ada kesepakatan yang ditindaklanjuti.

“Sering dibicarakan, sering diputuskan dalam pertemuan-pertemuan world, tetapi aksinya tetap harus dilihat,” kata Presiden.

Dia mencontohkan transisi energi dari bahan bakar fosil dan batu bara ke sumber energi terbarukan, yang mungkin bukan tugas berat bagi negara maju, tetapi menantang bagi negara berkembang karena kurangnya sumber pendanaan dan teknologi.

“Yang perlu dibahas dan dimobilisasi adalah pendanaan iklim, investasi energi terbarukan, dan switch teknologi. Jika semua aspek ini tidak dilakukan dalam kehidupan nyata, saya tetap pesimis bahwa perubahan iklim dapat dihindari,” kata Presiden.

Ia kemudian menyebutkan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan sumber energi terbarukan namun pemanfaatannya membutuhkan dana dan investasi yang besar.

Indonesia meratifikasi Perjanjian Paris pada tahun 2016 yang melihat negara tersebut berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon. Pemerintah kemudian menetapkan tujuan pengurangan emisi fuel rumah kaca sebesar 29 persen secara mandiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada tahun 2030.

Sektor strategis yang diprioritaskan adalah sektor kehutanan, energi, dan transportasi yang menyumbang 97 persen dari whole goal penurunan emisi Indonesia.

Membaca: Jokowi Terima Undangan Konferensi Perubahan Iklim November

EFRI NP RITONGA

See also  Jokowi Berangkat Menuju Titik Nol Kilometer Ibu Kota Baru

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.