August 11, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Koalisi Takut Perda Bogor P4S Akan Mendiskreditkan Komunitas LGBT

1 min read

Directoresdecasting.data, Jakarta Koalisi Sipil untuk Hak Gender dan Keragaman Seksual (Kami Berani) pada Senin memprotes Bogor Pemerintah kota yang telah menerbitkan peraturan daerah tentang pencegahan dan penanggulangan perilaku menyimpang seksual (P4S).

Koalisi menilai perda tersebut mendiskreditkan orang dengan perilaku seksual yang dianggap menyimpang oleh sebagian orang.

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur mendesak Pemerintah Kota Bogor meninjau kembali aturan yang diberlakukan pada akhir 2021 karena berpotensi memicu diskriminasi.

“Kami kecewa dengan keluarnya peraturan tersebut karena dapat mempengaruhi Indonesia sebagai negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sangat menjunjung tinggi hak asasi manusia,” kata Isnur kepada Tempo pada 21 Maret.

YLBHI bersama koalisi meyakini berpotensi memicu kekerasan dan diskriminasi terhadap kelompok LGBT yang berdomisili di Bogor karena peraturan daerah secara khusus menyebutkan kelompok mana yang dianggap pemerintah menyimpang secara seksual.

“Jangan sampai minoritas berakhir seperti Ahmadiyah, dimanapun mereka berada selalu didiskriminasi bahkan ditolak dan kehilangan hak asasinya, dan orang melakukan kejahatan terhadap mereka,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Pemkot Bogor membantah jika perda tersebut akan menumbuhkan tindakan diskriminasi sebagai Bogor Kabag HAM dan Hukum Pemerintah, Alma Wiranta, mengatakan P4S dimaksudkan sebagai bentuk perlindungan dan jaminan yang sama warga terhadap kehidupan sosial yang sehat.

“Peraturan ini tidak dimaksudkan untuk menghakimi tetapi untuk mengembangkan dan menata. Bukan untuk mendiskreditkan penyimpangan seksual,” kata Alma, “Ini harus dilihat dari berbagai aspek, terutama aspek kesehatan.”

Membaca: Bogor Akan Melanjutkan Pembelajaran Tatap Muka Minggu Depan

Mahfuzulloh Al Murtadho

See also  Alasan KPU Tak Akan Buka Daftar Parpol Pencatut Identitas Penyelenggara Pemilu
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.