August 16, 2022

Directoresdecasting.info

Free Guest Post Blog

Pemerintah Jajaki Potensi Crowdfunding untuk Proyek Ibu Kota Baru

1 min read

Directoresdecasting.information, JakartaKepala Otoritas Ibu Kota Baru (IKN) Bambang Susantono berbicara tentang potensi crowdfunding sebagai salah satu saluran pembiayaan proyek ibu kota negara. Partisipasi masyarakat dinilai dapat menciptakan pembangunan ibu kota baru di Kaltim dengan baik.

“Bisa dibiayai melalui crowdfunding. Kami sedang menjajaki mannequin pendanaan yang kreatif,” kata Bambang dalam wawancara di Tempo kantor pusat, Senin, 21 Maret.

Untuk menarik minat masyarakat untuk ikut membiayai pengembangan IKN, menurutnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) cukup very important sebagai anchor sehingga dapat membangun kepercayaan di antara calon investor.

Menurut Bambang, proyek tersebut akan mendapat kepercayaan pasar dalam tiga tahun ke depan, dan investor atau swasta akan menanamkan investasi dalam jumlah besar.

“Mereka ingin melihat keseriusan pemerintah,” katanya seraya menambahkan bahwa berdasarkan pengalamannya di Asian Growth Financial institution (ADB), lembaga multilateral melakukan investasi ketika ada asuransi yang berkualitas.

Lebih lanjut Bambang berharap, dalam dua hingga tiga tahun ke depan, pembangunan ibu kota baru terutama akan mulai menggunakan dana APBN yang akan menjadi daya ungkit untuk mendorong kepercayaan pasar. “Kita tidak bisa salah dengan modal awal ini,” katanya.

Baca: Indonesia-Arab Saudi Lanjutkan Pembicaraan Investasi Ibu Kota Baru

HENDARTYO HANGGI

See also  Kadar Hemoglobin Rendah? Konsumsi Asupan Makanan Ini
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.